Urai Kemacetan, Pemkot Makassar Bakal Tambah Jalur Satu Arah

Rencana penataan lalu lintas masih sementara dikaji

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar berencana menambah jalur satu arah untuk mengurai kecamatan yang kian padat. Saat ini, rencana tersebut masih sementara dikaji oleh dinas terkait. 

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto telah mengubah pola lalu lintas pada periode pertamanya. Hanya saja, kali ini terkendala aturan perihal kewenangan antara Pemkot Makassar dan Pemprov Sulsel.

"Hal ini akan segera kita kaji," kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Helmy Budiman, Jumat (17/3/2023).

Baca Juga: Viral Harga Makanan di Pantai Losari Makassar Disebut Tidak Masuk Akal

1. Jalur satu arah dianggap lebih efektif

Urai Kemacetan, Pemkot Makassar Bakal Tambah Jalur Satu ArahIlustrasi pengaturan lalu lintas (ANTARA FOTO/Rahmad)

Helmy mengatakan dengan melihat skala jumlah jalanan yang ada di Kota Makassar, maka seharusnya lebih banyak jalur satu arah. Sebar arus kendaraan akan lebih baik. 

Dia menyebut bahwa perubahan jalur satu arah ini kemungkinan tidak terlalu berdampak signifikan pada perekonomian. Hal ini karena rencana tersebut untuk mengurangi kemacetan yang notabene lebih berdampak pada sosial ekonomi dan lingkungan masyarakat.

"Lebih bagus kita menata kembali sistem transportasi manajemen jalan," kata Helmy.

2. Penyebab macet karena meningkatnya jumlah kendaraan

Urai Kemacetan, Pemkot Makassar Bakal Tambah Jalur Satu ArahIlustrasi kemacetan lalu lintas. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar, Aulia Arsyad, menyebutkan ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kemacetan di Kota Makassar. Di antaranya yakni meningkatnya jumlah volume kendaraan dan adanya peran pak ogah di jalan.

Untuk itu, Dinas Perhubungan Kota Makassar akan menggelar pertemuan di kecamatan-kecamatan yang ada di Kota Makassar untuk memetakan titik-titik kemacetan. Pertemuan itu, kata Aulia, dijadwalkan akan dilakukan setelah Rapat Koordinasi Khusus (Rakosus) 2023 usai diselenggarakan.

"Saya akan lakukan pertemuan di masing-masing kecamatan bersama personil (Dishub) mengatur dimana titik rawannya kemacetan dan berapa kebutuhan personil yang dibutuhkan di masing-masing wilayah," kata Aulia. 

3. Manajemen lalu lintas harus dibenahi

Urai Kemacetan, Pemkot Makassar Bakal Tambah Jalur Satu ArahIlustrasi. Suasana lalu lintas dan kendaraan yang lalu lalang saat hujan turun di Jalan Bulu Kunyi, Kelurahan Maricayya Baru, Kecamatan Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (Ari Putra Anugrah for IDN Times)

Aulia menyatakan bahwa pembenahan manajemen lalu lintas merupakan salah satu upaya untuk mengurai kemacetan. Saat ini, kemacetan memang menjadi persoalan serius di Kota Makassar yang harus segera diatasi.

Pembenahan yang dimaksud yaitu dengan menerapkan lalu lintas satu arah di beberapa jalur. Dalam hal ini, dia berkaca pada kota-kota di Bali yang rata-rata menerapkan jalur satu arah.

Meski begitu, butuh pengkajian lebih dalam sebelum benar-benar menerapkan jalur satu arah. 

"Bagaimana dampak keluarga, dampak mobilitas, dan bagaimana dampak usaha-usaha mereka yang berada di jalur itu. Itu perlu kajian dan memang butuh waktu yang cukup lama untuk mengkaji hal ini," katanya.

Baca Juga: Buka-Bukaan Kepala Bea Cukai Makassar Usai Ditelanjangi Publik

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya