Sudirman Belum Bisa Pastikan Ketersediaan Anggaran Stadion Mattoanging

Pemprov Sulsel tengah berupaya membayar utang ratusan miliar

Makassar, IDN Times - Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan proyek Stadion Mattoanging akan tetap dilanjutkan. Hanya saja, dia belum bisa memastikan kapan pengerjaan berlanjut, sebab pemerintah provinsi tidak memiliki anggaran yang cukup.

Saat ini, Pemprov Sulsel sedang fokus untuk membayar utang kepada pihak ketiga yang jumlahnya mencapai Rp345 miliar. Karena itu, Pemprov sangat selektif mengucurkan anggaran proyek.

"Kalau lanjut (proyek stadion), kita lanjutkan saja. Masa ditelantarkan begitu. Cuma kondisi pembangunannya pasti ada tahapan sesuai dengan kemampuan keuangan," katanya usai rapat internal yang dihadiri antara lain Dinas Pemuda dan Olahraga dan Badan Keuangan dan Aset Daerah, terkait Stadion Mattoanging di rumah jabatannya, Kamis (22/4/2021).

1. Masih banyak pertimbangan soal desain dan kapasitas stadion

Sudirman Belum Bisa Pastikan Ketersediaan Anggaran Stadion MattoangingDED Stadion Mattoanging yang dibuat oleh PT Arkonin. IDN Times/Istimewa

Berdasarkan hasil rapat internal itu, Sudirman mengaku belum memutuskan secara resmi kapan proyek rehabilitasi Stadion Mattoanging dilanjutkan. Ada beberapa pandangan yang dipertimbangkan Sudirman.

"Belum keputusan. Mereka melaporkan tentang desain, tentang bagaimana pertimbangan-pertimbangannya, bagaimana teknis," kata Sudirman.

2. Sudirman tunggu hasil rekomendasi dari TAPD

Sudirman Belum Bisa Pastikan Ketersediaan Anggaran Stadion MattoangingIDN Times/Humas Pemprov Sulsel

Hingga saat ini, Pemprov Sulsel belum memutuskan apapun mengenai kelanjutan proyek Stadion Mattoanging. Dalam rapat itu, kata Sudirman, dirinya hanya menerima laporan-laporan yang masih perlu dimatangkan.

Dia mengatakan pembahasan terkait Stadion Mattoanging masih akan dibahas ke tingkat yang lebih tinggi yaitu ke tim anggaran pemerintah daerah (TAPD).

"TAPD kan sudah rangkuman dari beberapa teknis dan perencanaan penganggaran dan sebagainya. Nanti di sana rekomendasinya, saya tinggal menunggu aja. Saya kan selalu bilang bottom up, dari bawah," ujarnya.

Baca Juga: Pembangunan Stadion Mattoanging di Makassar Tidak Berhenti

3. Sudirman tidak ingin mengintervensi TAPD

Sudirman Belum Bisa Pastikan Ketersediaan Anggaran Stadion MattoangingIlustrasi anggaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Terkait penganggaran, Sudirman mengatakan hal itu menjadi ranah TAPD. Sebab, jelas Sudirman, merekalah yang mengetahui pasti persoalan pembiayaan pekerjaan konstruksi, termasuk proyek Stadion Mattoanging.

"Bagaimana pelayanan dasar yang mutlak harus dilakukan, itu kan dari sana (TAPD). Saya tidak boleh intervensi top down," kata Sudirman.

Pada dasarnya, Sudirman mau semua proyek prioritas dikerjakan, termasuk stadion. Hanya saja dibutuhkan proses pembahasan yang panjang serta anggaran yang tersedia.

"Potensi-potensinya itu kembali ke TPAD dulu. Kan tadi masih bahan mentah. Jadi kita tunggu matang-matang dululah. Kalau saya langsung hantam tidak bisa," kata Sudirman.

Baca Juga: Kelanjutan Proyek Stadion Mattoanging Tunggu Kepastian Anggaran

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya