Rapsel Ali Dimakamkan secara Militer di TMP Panaikang Makassar

Pelepasan jenazah dipimpin Wali Kota Danny Pomanto

Makassar, IDN Times - Jenazah politisi sekaligus anggota DPR RI Fraksi NasDem, Muh Rapsel Ali, dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Panaikang, Kota Makassar, Senin (10/4/2023). Pemakaman Rapsel Ali yang juga menantu Wakil Presiden Ma'ruf Amin digelar secara militer.

Sebelum dimakamkan, jenazah Rapsel Ali jug dilepaskan secara militer di rumah duka yang berlokasi di Jalan Bonto Mangepe, Makassar. Upacara pelepasan ini dipimpin Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto.

"Saya inspektur upacara atas nama negara, pemerintah dan TNI menerima jenazah untuk dipersemayamkan, diberangkatkan dan pemakaman secara militer," kata Danny di sela-sela upacara di rumah duka, Senin pagi.

Baca Juga: Menantu Wapres Rapsel Ali Meninggal, Ma'ruf Amin Berduka

1. Danny ajak hadirin doakan Rapsel Ali

Rapsel Ali Dimakamkan secara Militer di TMP Panaikang MakassarWali Kota Makassar Danny Pomanto bertindak sebagai inspektur upacara pelepasan jenazah mendiang anggota DPR RI Rapsel Ali di Taman Makam Pahlawan Panaikang Makassar, Senin (10/7/2023). (IDN Times/Istimewa)

Dalam sambutannya, Danny meminta seluruh hadirin agar memanjatkan doa untuk almarhum Rapsel Ali. Danny juga berharap supaya seluruh keluarga, saudara dan kerabat yang ditinggalkan bisa sabar dan tulus-ikhlas  mendoakan.

"Mari kita sama-sama memanjatkan doa agar Allah SWT mengampuni segala khilaf dan kesalahan almarhum dan semoga Allah SWT menerima semua dharma baktinya dan menempatkan arwahnya di tempat yang paling mulia di sisi-Nya. Amin YRA," Danny.

2. Danny berterima kasih kepada pihak yang bantu pengurusan jenazah

Rapsel Ali Dimakamkan secara Militer di TMP Panaikang MakassarAnggota DPR RI periode 2019-2024 asal Sulawesi Selatan, Muhammad Rapsel Ali (Facebook/Muhammad Rapsel Ali)

Danny juga mewakili keluarga almarhum untuk menghaturkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh pihak yang memberikan perhatian dan bantuan baik moril maupun materil dalam pengurusan jenazah almarhum.

"Mari kita sama-sama mengantar jenazah almarhum ke Taman Makam Pahlawan," ujarnya. 

3. Pemakaman berlangsung khidmat

Rapsel Ali Dimakamkan secara Militer di TMP Panaikang MakassarUpacara pemakaman mendiang Anggota DPR RI Rapsel Ali di Taman Makam Pahlawan Panaikang Makassar, Senin (10/4/2023). (Dok. IDN Times/Istimewa)

Proses upacara pelepasan berlangsung sekitar 15 menit. Setelah itu, jenazah pun diberangkatkan menuju TMP Panaikang untuk dimakamkan dengan prosesi upacara militer.

Jenazah Rapsel Ali dibawa ke TMP Panaikang dengan menggunakan kereta merta. Di sana, upacara pemakaman dipimpin oleh Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Upacara pemakaman berlangsung secara khidmat. Proses ini juga dihadiri keluarga dan kolega almarhum Rapsel Ali. 

Baca Juga: Obituari Rapsel Ali, Politikus Tangguh Selayar Menantu Wapres Ma'ruf 

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya