Proyek Renovasi Stadion Mattoanging Mulai Ditender Akhir Tahun 2020

Proyek Stadion Mattoanging masih tahap perencanaan

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah mengatakan konstruksi untuk proyek renovasi Stadion Mattoanging di Makassar akan mulai ditender di akhir tahun 2020. 

Hal itu disampaikan usai menghadiri focus group discussion (FGD) proyek perencanaan Stadion Mattoanging di Hotel Four Points, Rabu (18/11/2020). 

"Kita udah bisa lelang. Tinggal kita mau tayangkan dan akan diserahkan ke ULP (unit pelayanan pengadaan). ULP serahkan ke Inspektorat untuk review. Kita oke semua, silakan. Semua kita tayangkan. Kita tentukan pemenang, kita groundbreaking dan itu multiyears," kata Nurdin kepada awak media.

1. Masih tahap perencanaan

Proyek Renovasi Stadion Mattoanging Mulai Ditender Akhir Tahun 2020Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. IDN Times/Asrhawi Muin

Saat ini, proyek renovasi Stadion Mattoanging masih dalam tahap perencanaan. Menurut Nurdin, stadion ini harus segera diselesaikan karena nantinya akan menjadi ikon baru di Sulawesi Selatan. 

Nurdin mengatakan, Mattoanging dibangun kembali lantaran usianya sudah cukup tua yakni sejak 1950. Karena telah melahirkan banyak orang hebat di persepakbolaan, jelas Nurdin, maka wajah stadion tersebut harus diubah menjadi lebih modern sesuai standar federasi sepakbola internasional FIFA. 

"Maka kita akan bangun stadion yang akan menjadi kebanggaan masyarakat Sulsel. Harapan kita 18 bulan sudah bisa menggunakan stadion baru. Jadi mohon doanya kita akan terus berjuang Mattoanging bisa dikerjakan tepat waktu," kata Nurdin.

2. Pengerjaan konstruksi dilakukan setelah proses tender

Proyek Renovasi Stadion Mattoanging Mulai Ditender Akhir Tahun 2020Oka Sindhu Pribadi selaku Ketua Tim Perencanaan Stadion Mattoanging. IDN Times/Asrhawi Muin

Oka Sindhu Pribadi selaku Ketua Tim Perencanaan mengatakan, pengerjaan konstruksi mulai dilakukan setelah ada pemenang tender. Semakin cepat proses tender, maka semakin cepat pula pengerjaan dilakukan. 

"Jadi akhir tahun mudah-mudahan sudah ada yang ditenderkan untuk struktur. Karena struktur sebenarnya pekerjaan sudah selesai. Jadi pekerjaan desain sudah selesai, sudah bisa dimulai untuk tender kontraktor," kata Oka.

Jika akhir tahun sudah ada pemenang tender, maka kemungkinan pengerjaan konstruksi sudah bisa dilakukan pada Februari 2021. Sesuai perencanaan, proyek konstruksi akan dikerjakan selama 18 bulan. 

"Mudah-mudahn begitu. Kita kan selalu berharap semuanya lancar ya prosesnya. Desain dan segala macam ini mudah-mudahn lancar karena kan memang jadwalnya segitu. Jadi ibu ketua DPRD juga sudah mengingatkan 18 bulan kita harus semangati supaya bisa selesai bersama," kata Oka.

Baca Juga: Stadion Mattoanging yang Baru akan Sediakan Tribun Khusus Kursi Lama

3. Masih dibahas untuk APBD 2021

Proyek Renovasi Stadion Mattoanging Mulai Ditender Akhir Tahun 2020FGD proyek perencanaan Stadion Mattoanging di Hotel Four Points Makassar, Rabu (18/11/2020). IDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari, mengaku pihaknya mendukung proyek Stadion Mattoanging itu. Penganggaran yang dilakukan pada APDB 2020, kata dia, sudah berjalan sesuai dengan apa yang disetujui. 

"Ke depan lebih pada program ini menjadi PEN, Insyaallah otomatis kalau stadion ini jadi akan menambah PAD Sulsel," kata Ina.

Ina mengatakan bahwa penganggaran untuk stadion tersebut masih akan dibahas lagi karena belum ada penetapan APBD 2021. 

"Sementara akan masuk dalam pembahasan. Nanti kita lihat posturnya seperti apa nanti di komisi terkait," katanya.

Baca Juga: Proyek Renovasi Stadion Mattoanging Segera Dilelang

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya