Pengawas TPS di Makassar Belum Terima Honor, Bawaslu: Butuh Kesabaran

Bawaslu pastikan honor pengawas TPS dibayar

Makassar, IDN Times - Hari pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2024 telah selesai sepekan lalu. Namun masih ada pengawas TPS yang belum menerima honornya.

Hal tersebut terungkap melalui sebuah video yang diunggah di media sosial Instagram. Salah satu akun bernama @zainalakbarb_ mempertanyakan alasan honor PTPS belum dibayar.

"Assalamualaikum, perkenalkan saya panwas (PTPS) Kelurahan Buntusu, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, saya ingin bertanya kenapa honor PTPS hampir satu Kecamatan Tamalanrea belum diberikan kepada kami, sudah 6 hari kami menunggu," demikian yang ditulis akun tersebut.

1. Merasa terlalu lama tidak dibayar

Pengawas TPS di Makassar Belum Terima Honor, Bawaslu: Butuh KesabaranIlustrasi kotak suara di TPS Makassar. (IDN Times/Asrhawi Muin)

Akun tersebut mengaku telah mengkonfirmasi langsung ke sekretariat Bawaslu Kota Makassar. Kabarnya, ada gangguan teknis yang menjadi kendala.

Akan tetapi, pemilik akun tersebut merasa proses pembayaran honor PTPS sangat lama. Padahal mereka telah bertugas sebagaimana mestinya.

"Kami sudah konfirmasi ke sekret katanya masih proses, gangguan teknis tapi kenapa sampai lama begini, kami sudah mengabdi mengawasi pemilu tapi apa balasannya, nihil, dan tolong diperiksa Bawaslu Makassar keterkaitan honor PTPS yang tak kunjung diterima," tulis akun tersebut.

2. Pembayaran secara manual

Pengawas TPS di Makassar Belum Terima Honor, Bawaslu: Butuh KesabaranWarga binaan Rutan Makassar antre mencoblos, Rabu (14/2/2024). (IDN Times/Dahrul Amri)

Menanggapi hal itu, Komisioner Bawaslu Kota Makassar, Ahmad Ahsanul Fadhil, mengatakan bahwa proses pembayaran sementara berjalan. Pembayaran memang dilaksanakan secara manual sehingga lebih lama.

"Dimanualkan karena ada beberapa rekening yang tidak dikenal dan ada juga nama rekening tidak sama yang didaftar," kata Ahmad saat dikonfirmasi IDN Times, Rabu (21/2/2024).

3. Pastikan semua honor dibayar

Pengawas TPS di Makassar Belum Terima Honor, Bawaslu: Butuh KesabaranPemilih disabilitas menggunakan hak pilih Pemilu 2024 di TPS 005 Kelurahan Sinrijala, Kecamatan Panakkukang, Makassar, Rabu (14/2/2024). (IDN Times/Aan Pranata)

Ahmad menyebutkan pembayaran dilaksanakan per kecamatan. Beberapa kecamatan yang sudah ditransferkan yaitu Kecamatan Mariso, Mamajang, Ujung Pandang, Wajo, Ujung Tanah, Panakkukang, Manggala, Sangkarrang dan Bontoala.

Ahmad menyatakan pembayaran honor PTPS memang harus hati-hati. Terlebih ada 4.004 TPS yang harus diinput. Dia pun berharap pengawas TPS tetap bersabar sebab pihaknya pasti akan membayarnya.

"Butuh kesabaran memang sih. Yang jelas kami tidak diam," kata Ahmad.

Baca Juga: Pedas! Danny Kritik Komisioner KPU Makassar agar Intens Komunikasi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya