Comscore Tracker

Pemprov Sulsel Isyaratkan Kembali Tender Ulang Stadion Mattoanging

Belum ada keputusan tender ulang atau penunjukan langsung

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengisyaratkan akan mengulang proses tender proyek Stadion Mattoanging di Kota Makassar. Sebelumnya, proyek ini telah dua kali mengalami gagal tender sejak lelang dibuka akhir tahun 2021 lalu.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani mengatakan pihaknya telah bertemu dengan semua unsur terkait untuk evaluasi. Hal ini lantaran belum adanya pemenang lelang yang memenuhi kualifikasi sehingga harus gagal tender dua kali.

"Evaluasi pelaksanaan tender kan gagal dua kali. Jadi kita hadirkan dulu yang merencanakan. Mengubah metode yang mungkin bisa dijadikan dasar. Kita bisa mendapatkan pemenang," kata Hayat usai rapat terkait Stadion Mattoanging di Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (5/4/2022).

1. Proyek Stadion Mattoanging dipastikan berlanjut

Pemprov Sulsel Isyaratkan Kembali Tender Ulang Stadion MattoangingKepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel (kanan). IDN Times/Asrhawi Muin

Setelah mengalami gagal tender dua kali, Pemprov sempat meminta masukan atau konsultasi ke Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Namun belum ada keputusan setelahnya.

Namun Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel Andi Arwin Azis menyatakan proyek pembangunan Stadion Mattoanging akan tetap dilanjutkan.

"Inilah yang dibahas. Nanti kita akan sampaikan. Yang jelasnya proses ini tetap berjalan. Nanti diputuskan setelah ada keputusan bersama mengenai metode yang seperti itu. Tidak ada itu tidak dilanjutkan," katanya.

2. Pemprov tidak ambil opsi penunjukan langsung

Pemprov Sulsel Isyaratkan Kembali Tender Ulang Stadion MattoangingDesain terbaru pembangunan Stadion Mattoanging Makassar. Dok. Dispora Sulsel

Dua kali kegagalan itu juga menimbulkan kemungkinan adanya penunjukan langsung untuk pengerjaan Stadion Mattoanging. Apalagi hal itu memang diatur berdasarkan Pasal 38 ayat 5 Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018. 

Pasal tersebut menyebutkan bahwa penunjukan langsung dilaksanakan setelah tender ulang mengalami kegagalan. Namun Arwin memastikan tidak ada opsi penunjukan langsung.

"Jadi itikad baik dari pemerintah provinsi tetap melanjutkan, mungkin tender. Opsi itu. Tapi kalau penunjukan (langsung) saya rasa tidak," kata Arwin.

Baca Juga: Proyek Stadion Mattoanging Gagal Lelang Lagi

3. Proyek Stadion Mattonging dikhawatirkan molor

Pemprov Sulsel Isyaratkan Kembali Tender Ulang Stadion MattoangingDesain terbaru pembangunan Stadion Mattoanging Makassar. Dok. Dispora Sulsel

Jika Pemprov membuka proses lelang kembali, maka jadwal pembangunan Stadion Mattoanging dikhawatirkan akan semakin molor. Meski begitu, Arwien mengakui hal itu telah menjadi pertimbangan. 

Berdasarkan perhitungan, kata Arwin, pengerjaan Stadion Mattoanging tidak akan menyeberang tahun. Namun proyek ini dipastikan akan mepet di akhir tahun.

"Masih memungkinkan (untuk lelang ulang). Itu sudah dihitung. Waktunya mungkin mepet ke Desember. Mudah-mudahan jalan lancar," jelasnya.

Baca Juga: Dua Kali Gagal Tender, Proyek Stadion Mattoanging Masih Dievaluasi

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya