Pekan Depan, Danny Nonaktifkan Seluruh Ketua RT/RW di Makassar

Diganti dengan Plt hingga pemilihan pada tahun 2022

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto kembali membuat kebijakan mengejutkan. Pekan depan, seluruh ketua RT dan RW se-Kota Makassar bakal dinonaktifkan hingga 2022.

Sebagai gantinya, Danny akan menunjuk pelaksana tugas (Plt) untuk Ketua RT/RW. Plt inilah yang akan menjabat hingga pemilihan RT/RW pada 2022 mendatang. 

"Semua RT/RW mulai minggu depan, saya kasih hold lagi semua. Mulai dari nol. Baru kita mulai bikin Plt sampai 2022 pemilihan RT/RW," kata Danny di Balai Kota Makassar, Selasa (6/4/2021).

1. Danny ibaratkan RT/RW seperti handphone yang perlu di-reset

Pekan Depan, Danny Nonaktifkan Seluruh Ketua RT/RW di MakassarWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Menurut Danny, RT/RW yang ada saat ini ibarat handphone yang sedang hang atau error. Jika begitu, kata Danny, maka yang harus dilakukan adalah mematikan sementara perangkat tersebut lalu di-resetting

"Kita kasih keluar baterainya. Ini namanya resetting. Di dalamnya ada restarting. Kalau sudah di-restart terus tetap hang, dilempar saja," imbuhnya.

2. Danny sebut lurah hingga RT/RW masih terpengaruh pilkada

Pekan Depan, Danny Nonaktifkan Seluruh Ketua RT/RW di MakassarIlustrasi pilkada serentak. IDN Times/Mardya Shakti

Danny menilai RT/RW bahkan lurah saat ini masih terpengaruh efek pilkada. Padahal sejak awal dia sudah sering menekankan bahwa politik sudah berakhir dan waktunya menjalankan program Makassar Recover. Kenyataannya, lanjut Danny, banyak lurah tidak mau menyukseskan program tersebut. 

"Apa buktinya? Refocusing anggaran dia tidak urus. Banyak camat juga begitu. Bahkan lurah ini menghasut RT/RW untuk menggagalkan ini. Jadi saya tidak akan pernah tinggal diam. Maka, lebih baik kita reset," tuturnya.

3. Kriteria pelaksana tugas masih dikonsultasikan

Pekan Depan, Danny Nonaktifkan Seluruh Ketua RT/RW di MakassarWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Danny menyatakan pemilihan ketua RT/RW pada 2022 mendatang tetap merupakan pemilihan langsung seperti sebelumnya. Soal siapa yang akan menjadi Plt, Danny masih akan berkonsultasi mengenai hal itu. Namun dia tidak menjelaskan kepada siapa dirinya meminta pertimbangan.

"Saya konsultasi dulu. Ini makanya lagi disusun. Kriterianya lagi disusun. Masa kita mau pilih yang robek-robek itu 2x+ baik. Tidak mungkinlah," kata Danny.

Baca Juga: Danny Geram Data Penerima Bansos di Makassar Berkurang Drastis

4. Ketua RT mengaku tidak masalah

Pekan Depan, Danny Nonaktifkan Seluruh Ketua RT/RW di MakassarWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat rakor terkait Makassar Recover di Balaikota Makassar, Selasa (9/3/2021). Humas Pemkot Makassar

Salah seorang Ketua RT yang enggan disebutkan namanya mengaku tidak masalah dengan keputusan Danny. Lagi pula, dia memang sudah berniat mengundurkan diri. 

"Kalau saya sih pribadi tidak masalah karena memang saya sebelumnya mau mengundurkan diri. Tapi berhubung Pak Lurah yang memberi semangat akhirnya saya masih bertahan," ucapnya kepada IDN Times, Selasa malam.

Meski begitu, dia tak menyebutkan alasannya. Namun dia juga tidak berniat lagi untuk maju pada pemilihan Ketua RT/RW nanti.

"Dan apabila di periode berikutnya memang saya tidak ingin lagi mengajukan permohonan untuk maju kedua kalinya," katanya.

Baca Juga: Danny Pomanto Ingin Sambung Tol Layang Pettarani ke Pantai Losari

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya