Comscore Tracker

Mulai Besok, Nakes di Sulsel Dapat Suntikan Booster Vaksin Moderna

Bales prioritas utama

Makassar, IDN Times - Provinsi Sulawesi Selatan telah menerima 3.370 vial vaksin Moderna dari pemerintah pusat. Vaksin tersebut tiba di gudang penyimpanan Dinas Kesehatan Sulsel di Makassar pada Kamis, 29 Juli 2021.

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan vaksin tersebut akan disuntikkan untuk para tenaga kesehatan (nakes) sebagai booster atau vaksinasi dosis ketiga. 

"Kita sudah ada nakes yang siap, sudah dilatih. Tentu tinggal sosialisasi saja bahwa kita akan melakukan vaksin dan besok (Sabtu) sudah mulai divaksin untuk booster nakes dulu," kata Sudirman saat ditemui di kantornya, Jumat (30/7/2021).

1. Nakes jadi prioritas utama

Mulai Besok, Nakes di Sulsel Dapat Suntikan Booster Vaksin Modernailustrasi tenaga kesehatan (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Menurut Sudirman, nakes merupakan garda terdepan yang berhadapan langsung dengan pasien COVID-19 tentu harus menjadi prioritas utama. Setelah itu, barulah kelompok lainnya bisa menerima vaksin Moderna.

"Jadi kita sudah instruksikan Sabtu Minggu percepat untuk nakes booster sebagai pasukan terdepan kemudian tentu satgas dan beberapa yang lain. Tentu kita akan lakukan vaksin untuk prioritas Moderna dulu," ujarnya.

2. Stok vaksin mulai menipis

Mulai Besok, Nakes di Sulsel Dapat Suntikan Booster Vaksin ModernaIlustrasi vaksin (Dok. ANTARA FOTO)

Bagi Sudirman, vaksin Moderna tampaknya menjadi sebuah solusi di tengah menipisnya ketersediaan vaksin Sinovac yang selama ini digunakan. Apalagi, beberapa daerah juga sudah mulai mengeluhkan kehabisan vaksin.

Sudirman menyebut Menteri Kesehatan telah menjanjikan kedatangan vaksin Sinovac lagi di Sulsel. Sembari menunggu, vaksin Moderna inilah yang dipakai untuk nakes.

"Paling tidak, Moderna ini diprioritas untuk beberapa rumah sakit yang sifatnya menangani ICU, menangani isolasi yang berat, istilahnya rujukan yang betul-betul untuk menekan laju angka kematian di rumah sakit-rumah sakit," imbuhnya.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Beri Hadiah Motor Kakek yang Jauh Bersepeda demi Vaksin

3. Vaksinasi digelar di rumah sakit

Mulai Besok, Nakes di Sulsel Dapat Suntikan Booster Vaksin ModernaIlustrasi petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 saat kegiatan vaksinasi massal (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Karena sasarannya adalah nakes, maka vaksinasi Moderna akan dilaksanakan di masing-masing rumah sakit. Semua cadangan vaksin untuk rumah sakit provinsi Sulawesi Selatan juga telah dipisahkan ke RSKD Dadi.

"Kemudian besok pagi kita akan vaksin semua mulai vaksinasi di masing-masing rumah sakit, di Dadi, kemudian Haji, dan Labuang Baji. Kemudian nanti kita pindah ke beberapa kabupaten kota yang membutuhkan stok," katanya.

Baca Juga: Stok Vaksin di Sulsel Menipis saat Warga Antusias Ikut Vaksinasi COVID

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya