Comscore Tracker

Kesembuhan Tinggi, Pasien COVID di Asrama Haji Makassar Sisa 30 Orang

Total pasien yang dirawat mencapai 260 orang

Makassar, IDN Times - Kasus COVID-19 di Sulawesi Selatan saat ini mengalami penurunan. Hal itu juga terlihat dari jumlah pasien yang menjalani isolasi di Asrama Haji Sudiang, Makassar.

Berdasarkan data mingguan Fasilitas Isolasi Terintegrasi Asrama Haji Sudiang pada 4 September 2021 pukul 19.00 WITA, tempat tidur yang terisi hanya 30 dari 150 yang disediakan. 

Dalam sepekan terakhir, yaitu per 29 Agustus - 4 September, jumlah pasien yang masuk hanya 13 orang. Sementara jumlah pasien yang keluar ada 30 orang. Angka itu menunjukkan bahwa pasien yang sembuh jauh lebih banyak.

1. Total 260 orang telah diisolasi

Kesembuhan Tinggi, Pasien COVID di Asrama Haji Makassar Sisa 30 OrangAsrama Haji Sudiang Makassar jadi tempat isolasi pasien COVID-19. IDN Times/Asrhawi Muin

Namun jika melihat total pasien yang telah diisolasi di Asrama Haji Sudiang, sebenarnya jumlah pasiennya terbilang sedikit sejak dibuka pada 27 Juli 2021 lalu atau sebulan lebih. 

Belum lagi, selama masa itu, kasus COVID-19 di Sulsel sempat meningkat drastis. Beberapa kali angka kasus harian COVID-19 Sulsel menembus angka 1.000 kasus. 

Direktur Utama Rumah Sakit Labuang Baji, Haris Nawawi, mengatakan, sejauh ini total pasien yang isolasi di Asrama Haji berjumlah 260 orang. Menurut Haris, hal itu dikarenakan adanya tempat isolasi lain yang bisa menjadi pilihan.

"Kan ada juga ke kapal Umsini, ke BPSDM dan ke rumah sakit-rumah sakit," kata Haris saat dihubungi IDN Times melalui Whatsapp, Minggu (5/9/2021).

2. Hanya 5 orang pasien yang sempat dirujuk ke rumah sakit

Kesembuhan Tinggi, Pasien COVID di Asrama Haji Makassar Sisa 30 OrangIlustrasi rumah sakit. ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Asrama Haji Sudiang merupakan tempat isolasi bagi pasien COVID-19 tanpa gejala dan bergejala ringan yang disediakan oleh Pemprov Sulsel bekerja sama dengan Kementerian Agama. Layanan ini diberi nama Fasilitas Isolasi Terintegrasi (FIT).

Disebut terintegrasi karena layanan isolasi berkoordinasi langsung dengan Rumah Sakit Labuang Baji. Jadi jika ada pasien yang tiba-tiba bergejala berat selama isolasi di sana, maka pasien itu akan langsung dirujuk ke rumah sakit tersebut.

Namun sejauh ini, tidak banyak pasien yang dirawat ke rumah sakit karena kondisi yang tiba-tiba memburuk. Haris menyebutkan hanya ada 5 orang yang pernah dirujuk ke rumah sakit lantaran tiba-tiba bergejala berat.

"Ada 5 orang dirujuk ke RS Labuang Baji. Tapi sudah negatif semua," kata Haris.

Baca Juga: Cerita Pasien COVID Sempat Ditolak Isolasi di Asrama Haji Sudiang

3. Kasus COVID-19 di Sulsel disebut perlahan menurun

Kesembuhan Tinggi, Pasien COVID di Asrama Haji Makassar Sisa 30 OrangIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Adapun data kasus positif COVID-19 Sulsel per 4 September 2021 menyebutkan total terkonfirmasi positif mencapai 105.690 kasus. Kasus berjumlah 248 dari total 6.107 spesimen yang diperiksa (dari PCR dan antigen).

Kasus sembuh juga semakin meningkat. Kemarin jumlah pasien sembuh lebih tinggi yaitu 580 orang sehingga totalnya menjadi 99.439 orang. Sementara kasus meninggal dunia bertambah 2 orang menjadi 2.069 orang.

Baca Juga: Asrama Haji Sudiang Merawat Pasien asal Luar Sulsel

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya