Kapal Tenggelam di Perairan Pangkep: Dua Orang Meninggal, Tiga Hilang

Kapal oleng dihantam gelombang saat berlayar

Makassar, IDN Times - Kapal motor Reski dilaporkan tenggelam di Perairan Pangkajene Kepulauan, Sabtu siang (2/12/2023). Dua penumpang ditemukan tewas.

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Makassar Andi Sultan mengatakan, kapal kecelakaan dihantam gelombang saat tengah berlayar. Kapal berangkat dari Pulau Pajenekang menuju Kota Pangkep. Tim SAR dikerahkan untuk mencari korban hilang.

"Masih ada tiga orang dalam pencarian. Tadi sudah dievakuasi dua orang, meninggal dunia," kata Sultan, saat dikonfirmasi IDN Times, Sabtu (2/12/2023).

Baca Juga: Basarnas Cari Nelayan Hilang di Perairan Pangkep

1. Kapal oleng di tengah hujan disertai angin kencang

Sultan mengatakan, KM Reski bergerak dari Pulau Pajenekang menunju Kota Pangkep sekitar pukul 13.25 Wita. Kapal itu membawa 15 penumpang.

Saat lapal KM Reski melewati Pulau Balang Caddi, hujan tiba-tiba mengguyur disertai angin kencang. Ditambah lagi dengan gelombang besar yang membuat kapal oleng.

"Kapal Reski tersebut oleng ke kiri sehingga tidak bisa dikendalikan kemudinya lantaran dihantam ombak yang disertai angin kencang," kata Sultan.

2. Para penumpang jatuh ke laut

Kapal Tenggelam di Perairan Pangkep: Dua Orang Meninggal, Tiga HilangIlustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Insiden nahas itu tak terelakkan. Para penumpang yang berada di atas kapal pun jatuh ke laut. Saat peristiwa itu terjadi, KM Reski berpapasan dengan kapal papalimbang dari Pulau Balang Lompo.

"Penumpang kapal papalimbang Pulau Balang Lompo yang kemudian melihat kejadian tersebut sehingga ikut menolong korban dan selanjutnya korban dievakuasi di Pulau Balang Lompo," katanya.

3. Penyelamatan korban dibantu penumpang kapal lain

Kapal Tenggelam di Perairan Pangkep: Dua Orang Meninggal, Tiga HilangIlustrasi Tim SAR (IDN Times/Prayugo Utomo)

Aksi penyelamatan korban KM Reski ini viral di media sosial. Dalam video yang beredar, tampak sejumlah orang turun ke laut untuk menyelamatkan korban yang sudah tenggelam.

Dalam video itu, seorang laki-laki yang baru saja naik ke kapal setelah terjun ke laut menuturkan bahwa masih ada korban hilang. Mereka terjebak di bawah kapal yang tenggelam.

Baca Juga: Petugas Basarnas Makassar Dilatih Operasi Bawah Air

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya