Jokowi Dijadwalkan Resmikan Dua Proyek di Sulsel

Jadwal kedatangan belum pasti

Makassar, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo dijadwalkan kunjungan kerja ke Sulawesi Selatan dalam waktu dekat. Kunjungan kerja tersebut dirangkaikan peresmian dua proyek infrastruktur di Sulsel yaitu Bandara Buntu Kunik di Toraja dan Tol Layang Pettarani di Makassar

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengungkapkan dia telah menghadap kepada Presiden dan menyampaikan laporan tentang beberapa proyek strategis nasional yang sudah selesai.

"Jadi mungkin intinya adalah persemian bandara Toraja," ujar Nurdin, Rabu (4/11/2020).

Baca Juga: Jokowi Resmikan Tol Layang Pettarani Awal Oktober

1. Presiden disebut menaruh perhatian khusus

Jokowi Dijadwalkan Resmikan Dua Proyek di SulselPesawat mendarat di Bandara Buntu Kubik Tana Toraja, Rabu (30/9/2020). Humas Pemprov Sulsel

Menurut Nurdin, bandara Toraja yaitu Bandara Buntu Kunik menjadi fokus pemerintah karena pembangunannya disebut luar biasa. Pasalnya pembangunan bandara ini sampai memotong beberapa gunung sebelum akhirnya selesai dan berhasil didarati pesawat ATR 72.

"Sehingga Bapak Presiden menaruh perhatian untuk datang khusus untuk meresmikan," ujar Nurdin.

2. Diresmikan bersama Tol Layang Pettarani

Jokowi Dijadwalkan Resmikan Dua Proyek di SulselPerbandingan kondisi Jalan Tol Layang Pettarani Makassar, Sulawesi Selatan, pada November 2019 dan Oktober 2020. (IDN Times/Asrhawi Muin - ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Selain Bandara Buntu Kunik, proyek lainnya yang rencana diresmikan Presiden Jokowi adalah Tol Layang Pettrarani. Sebelumnya, tol layang ini rencana diresmikan pada Oktober lalu. Namun hingga memasuki November belum terealisasi.

"Nanti peresmiannya bersamaan dengan Bandara Toraja," kata Nurdin.

Nurdin belum memastikan kapan Presiden akan berkunjung. Rencananya tanggal 10 November namun karena merupakan peringatan Hari Pahlawan maka belum ada kepastian.

"Nanti kalau sudah ada jadwalnya, kita sampaikan," katanya.

3. Kedua proyek diharapkan jadi solusi transportasi

Jokowi Dijadwalkan Resmikan Dua Proyek di SulselIlustrasi pengalihan arus lalu lintas (Dok. Humas Transjakarta)

Pembangunan Jalan Tol Layang Pettarani dianggap akan menjadi solusi dalam mengurai kemacetan Kota Makassar. Jalan ini diharapkan bisa memberikan kemudahan transportasi sekaligus membangun konektivitas Kawasan Timur Indonesia.   

Sementara Bandara Buntu Kunik dinilai akan meningkatkan wisatawan mancanegara maupun domestik yang ke Tana Toraja. Sebab wisatawan yang biasanya harus menempuh perjalanan jauh dari Makassar lewat jalur darat akan terpangkas dengan perjalanan lewat udara.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Teken Proyek Twin Tower di Tanah Reklamasi

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya