Comscore Tracker

HUT ke-77 RI, Sudirman: Mari Mengedepankan Sipakatau

Sejumlah tokoh dapat penghargaan di momen 17 Agistis

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menggelar upacara HUT ke-77 RI di halaman Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan hari ini, Rabu (17/8/2022). Upacara dipimpin langsung oleh Gubernur Andi Sudirman Sulaiman.

Pantauan IDN Times di lokasi, upacara HUT ke-77 RI dimulai pada pukul 08.45 WITA. Tampak Sudirman mengenakan setelan putih serta sejumlah pejabat seperti pimpinan DPRD Sulsel, Kapolda Sulsel, dan Pangdam XIV Hasanuddin.

Selain itu, hadir pula Forkopimda lingkup Pemprov Sulsel, para veteran dan pejuang, dan perwakilan negara sahabat serta lapisan masyarakat Sulsel.

Upacara itu pun berlangsung secara khidmat. Hal itu terlihat jelas saat pengibaran bendera merah putih. Tampak sejumlah pasukan pengibar bendera pusaka yang terdiri atas siswa-siswi dari 24 kabupaten/kota se-Sulsel.

Baca Juga: Semarak Kemerdekaan, Pakai Twibbon Resmi HUT ke-77 RI di Link Ini

1. Sudirman ingatkan sikap sipakatau

HUT ke-77 RI, Sudirman: Mari Mengedepankan SipakatauUpacara peringatan HUT Ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI di Rujab Gubernur Sulsel, Rabu (17/8/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Peringatan HUT ke-77 Indonesia tahun ini mengambil tema 'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat'. Namun Andi Sudirman menyampaikan harapan agar kehidupan di Indonesia, terkhusus bagi masyarakat Sulsel, agar ke depannya lebih baik dan lebih bersinergi.

"Harapan saya 77 tahun ini, saya berpikir bagaimana Sulsel ini lebih mengedepankan 'sipakatau' dalam membangun. Artinya kita tidak usah menghabiskan energi untuk internal kita," kata Sudirman.

Sebagai informasi, 'sipakatau' secara harfiah berarti saling memanusiakan. Sementara dalam filosofi masyarakat Bugis dan Makassar, 'sipakatau' bermakna saling menghargai sebagai manusia yang bermartabat.

2. Sudirman ingatankan tentang persatuan

HUT ke-77 RI, Sudirman: Mari Mengedepankan SipakatauPelaksanaan upacara peringatan HUT Ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI di Rujab Gubernur Sulsel, Rabu (17/8/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Sudirman menyampaikan bahwa, 77 tahun Indonesia merdeka, menjadi kekuatan untuk pulih secara ekonomi lebih cepat dan bangkit lebih kuat lagi.  Bangkit dengan pendekatan yang adaptif dan solutif untuk kehidupan yang lebih baik ke depan.

Selain itu, momentum peringatan Hari Kemerdekaan ini adalah bagaimana melihat persaingan baik secara nasional maupun global. 

"Kita harus merebut untuk kesempatan, peluang secara bersama. Bagaimana kekuatan kita padukan di masa pandemik ini, kita bersatu. Kalau tidak bersatu, berat," kata Sudirman.

3. Sejumlah tokoh dapat penghargaan

HUT ke-77 RI, Sudirman: Mari Mengedepankan SipakatauPelaksanaan upacara peringatan HUT Ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI di Rujab Gubernur Sulsel, Rabu (17/8/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Dalam momen ini, Pemprov Sulsel juga menyerahkan santunan kematian kepada ahli waris ASN Anggota Korpri Dinkes Sulsel atas nama Markus Patete sebesar Rp42 Juta dan dan Non-ASN Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulsel atas Nama Zulhaeri sebesar Rp118 juta. 

Pemprov juga memberi penghargaan kepada Pimpinan Forkopimda diantaranya Kabinda Sulsel Brigjen TNI Dwi Surjatmodjo, Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel R. Febrytrianto. Penghargaan diberikan atas peran serta mereka dalam membantu percepatan vaksinasi COVID-19 di Wilayah Sulawesi Selatan.

Kemudian penghargaan juga diberikan kepada Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Arman Bausat atas dukunganya dalam pencapaian vaksinasi COVID-19 sebesar 70 persen di tahun 2021. Penghargaan juga diberikan kepada relawan dan driver kegiatan vaksinasi. 

Baca Juga: Bendera Merah Putih Berkibar di Dasar Laut Pulau Kodingareng Keke

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya