HELPer Indonesia Lakukan Penyemprotan Disinfektan Gratis di Makassar

Bantu pemerintah dan masyarakat perangi COVID-19

Makassar, IDN Times - Sebagai platfrom penyedia asisten pribadi dan jasa ahli, HELPer Indonesia ikut menunjukkan kepeduliannya dalam mengatasi penyebaran virus corona atau COVID-19 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Melalui program HELPer For Society, HELPer Indonesia turut membantu pemerintah dan masyarakat Kota Makassar untuk memerangi COVID-19 dengan membuat program penyemprotan disinfektan gratis ke rumah-rumah dan masjid yang ada di Makassar.

"Ini jadi salah satu program HELPer for Society, tujuannya untuk masyarakat. Dimulai dari lingkungan terdekat. Nantinya akan dilakukan di tempat umum," kata Chief of Communication HELPer Indonesia Ahmad Abdy kepada IDN Times, Minggu (5/4).

1. Habiskan 40 liter cairan disinfektan di hari pertama

HELPer Indonesia Lakukan Penyemprotan Disinfektan Gratis di MakassarPenyemprotan disinfektan gratis oleh HELPer Indonesia di Makassar, Minggu (5/4). IDN Times/Istimewa

Penyemprotan gratis ini, mulai dilakukan pada hari ini, Minggu (5/4) yang dimulai dari lingkungan kawasan kantor HELPer Indonesia, Jalan Hertasning Barat 2, Kompleks Griya Panakukkang. 

Kompleks perumahan dengan jumlah rumah sebanyak 92 ini disemprot pada bagian halaman, dinding rumah, dan kendaraan yang parkir milik warga. Penyemprotan yang dimulai sejak pukul 07.00 hingga 10.00 WITA ini menghabiskan sebanyak 40 liter cairan disinfektan. Kegiatan ini pun mendapatkan apresiasi dari warga setempat.

“Untuk kegiatan ini, kita turunkan 2 orang tenaga dari HELPer. Mereka dilengkapi mantel, kaos tangan, kaca mata, sepatu booth, masker, dan alat pompa,” jelas Ahmad.

2. Penyemprotan disinfektan gratis diharapkan bisa berkelanjutan

HELPer Indonesia Lakukan Penyemprotan Disinfektan Gratis di MakassarPenyemprotan disinfektan gratis oleh HELPer Indonesia di Makassar, Minggu (5/4). IDN Times/Istimewa

Rencananya, program ini akan terus dilakukan hingga pandemi virus corona di Kota Makassar benar-benar sudah tidak ada lagi. Setidaknya akan dilakukan dalam minimal sekali dalam sepekan.

Namun hal ini juga diakui Ahmad masih mengikuti persediaan cairan disinfektan yang ada. Meski begitu, kegiatan ini diharapkan akan berkelanjutan selama masa pandemi. 

“Kami berharap, program ini dapat berlanjut setiap pekannya dan membantu pemerintah untuk mencegah penyebaran virus," kata Ahmad.

Karenanya dia berharap agar bahan cairan disinfektan selalu bisa diadakan dan mudah didapatkan agar program ini tetap berlanjut. Saat ini, HELPer hanya menggunakan stok yang ada di kantor mereka. 

Baca Juga: Bocah di Makassar Bongkar Celengan untuk Donasi Bantu APD Tenaga Medis

3. Inisiatif sendiri mengunjungi warga

HELPer Indonesia Lakukan Penyemprotan Disinfektan Gratis di MakassarPenyemprotan disinfektan gratis oleh HELPer Indonesia di Makassar, Minggu (5/4). IDN Times/Istimewa

Penyemprotan disinfektan gratis ini, kata Ahmad, terbuka untuk siapa pun yang membutuhkan. Namun untuk saat ini masih terbatas pada lingkungan perumahan saja mengingat tenaga.

Karena penyemprotan masih dilakukan dalam skala kecil, makanya HELPer sendirilah yang mendatangi langsung rumah-rumah warga tanpa perlu dipanggil.

"HELPer yang akan mendatangi rumah warga atas inisiatif sendiri," katanya.

Baca Juga: Cegah Corona, Drone Pemantau Suhu Tubuh Mulai Beroperasi di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya