Andi Sudirman Bakal Sampaikan Pidato Perpisahan di Pekan Raya Sulsel

Masa tugas Andi Sudirman berakhir 5 September 2023

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, menjadikan momentum Pekan Raya Sulsel sebagai panggung terakhirnya. Sudirman akan menyampaikan pidato perpisahannya kepada masyarakat Sulsel.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan sekaligus Ketua Panitia Hari Jadi Sulsel, Ahmadi Akil, mengatakan pidato ini terbuka untuk masyarakat umum. Pidato terakhir ini akan disampaikan pada hari terakhir pelaksanaan pekan raya yaitu 3 September 2023.

"Pidato di pekan raya untuk masyarakat secara keseluruhan di penutupan sekaligus pidatonya Pak Gubernur," kata Ahmadi Akil, Kamis (31/8/2023).

Baca Juga: Jangan Lewatkan! Gelaran Pekan Raya Sulsel Hadir di Kawasan CPI

1. Sudirman akan paparkan capaian kinerja

Andi Sudirman Bakal Sampaikan Pidato Perpisahan di Pekan Raya SulselGubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. IDN Times/Humas Pemprov Sulsel

Pekan Raya Sulsel (PRS) sebenarnya merupakan rangkaian perayaan hari jadi Provinsi Sulawesi Selatan yang ke-354 tahun yang jatuh pada 19 Oktober 2023. Namun gelaran ini dilaksanakan lebih awal bersama dengan rangkaian HUT Sulsel lainnya.

PRS diselenggarakan selama sepekan mulai 28 Agustus hingga 3 September 2023 di Wisma Negara Kawasan CPI, Kota Makassar. 

Sudirman akan memanfaatkan kesempatan ini untuk memaparkan capaian kinerjanya selama memimpin Sulsel. Dia akan memaparkan melalui pidato tunggal.

2. Ada pidato perpisahan untuk ASN

Andi Sudirman Bakal Sampaikan Pidato Perpisahan di Pekan Raya SulselGubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman. Dok. Humas Pemprov Sulsel

Tak hanya untuk masyarakat umum, Sudirman juga akan menyampaikan pidato perpisahan di hadapan ASN lingkup Pemprov Sulsel. Pidato ini akan disampaikan dalam apel besar lingkup Pemprov Sulsel pada Senin 4 September 2023.

"Pidato perpisahan gubernur kalau tidak salah di apel besar. Hari Senin untuk ASN," kata Ahmadi Akil.

3. Sudirman melanjutkan sisa masa jabatan

Andi Sudirman Bakal Sampaikan Pidato Perpisahan di Pekan Raya SulselGubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Secara resmi, masa jabatan Andi Sudirman sebagai Gubernur Sulsel akan berakhir pada Selasa 5 September 2023. Dia sebelumnya merupakan Wakil Gubernur yang dilantik bersama Nurdin Abdullah pada 5 September 2018.

Pada 28 Februari 2021, Sudirman ditunjuk oleh Kementerian Dalam Negeri menjadi Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel. Dia menerima tugas itu setelah Nurdin Abdullah dinyatakan nonaktif usai kasus korupsi yang menjeratnya.

Setelah lebih dari setahun menyandang status pelaksana tugas, Sudirman akhirnya resmi menjadi Gubernur Sulsel definitif. Dia dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 10 Maret 2022. Dia kemudian melanjutkan tugas hingga sisa masa jabatannya.

Baca Juga: Penjelasan Kemendagri soal Sosok Pj Gubernur Sulsel Pengganti Sudirman

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya