Kunjungan Kerja ke Jepang, Rektor Unhas Temui Alumni dan Dosen

Silaturahmi sekaligus membahas kolaborasi ke depan

Makassar, IDN Times - Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof. Jamaluddin Jompa berkunjung ke Jepang pekan ini. Di sela kunjungannya, menyempatkan diri bertemu dengan para alumni serta dosen Unhas yang sedang melanjutkan pendidikan di Negeri Matahari Terbit.

Pertemuan yang berlangsung di salah satu restoran Kota Toyama, pada Senin malam (8/5/2023) tersebut dihadiri oleh sekitar 15 orang. Mereka semua saat ini kuliah di Toyama serta Kota Kanazawa.

Baca Juga: Ayo, Daftar Beasiswa KIP Kuliah Jalur SNBP dan Ketua OSIS di Unhas!

1. Rektor Unhas, Prof. Jamaluddin Jompa, membahas potensi pengembangan Kampus Merah

Kunjungan Kerja ke Jepang, Rektor Unhas Temui Alumni dan DosenRektor Unhas, Prof Jamaluddin Jompa saat wawancara degan wartawan, Jumat (4/11/2022). IDN Times Sulsel/Dahrul Amri

Menurut Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan dan Bisnis yakni Prof. Adi Maulana, pertemuan ini dalam rangka silaturahmi sekaligus mendiskusikan upaya kolaborasi dengan para alumni.

"Alhamdulillah, Rektor Unhas bisa bertemu dan berdiskusi bersama dengan dosen dan alumni kita untuk pengembangan Unhas lebih baik ke depan," jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times pada Selasa (9/5/2023).

2. Kunjungan kerja diadakan untuk memperkuat relasi dengan para mitra di Jepang

Kunjungan Kerja ke Jepang, Rektor Unhas Temui Alumni dan DosenPertemuan Rektor Unhas Prof. Jamaluddin Jompa (dua dari kiri) dengan para alumni dan dosen yang sedang melanjutkan pendidikan di Kota Toyama, Jepang, Senin 8 Mei 2023. (Dok. Biro Komunikasi Unhas)

Kunjungan kerja Rektor Unhas bersama sejumlah jajaran pimpinan lainnya adalah dalam rangka menjalin kerja sama dan kolaborasi riset sekaligus peningkatan sumber daya manusia dengan beberapa universitas di Jepang.

"Kunjungan ke Jepang dalam rangka memperkuat kolaborasi Unhas dengan para mitra, seperti yang diketahui bersama Unhas memiliki kerja sama (jangka) panjang di Jepang," ungkap Prof. Adi lebih jauh.

3. Mayoritas alumni-dosen yang ditemui saat ini sedang kuliah di Kota Kanazawa

Kunjungan Kerja ke Jepang, Rektor Unhas Temui Alumni dan DosenSuasana pusat Kota Kanazawa di Prefektur Kanazawa, Jepang. (Wikimedia Commons/Nyrate)

Silaturahmi di Kota Toyama tersebut mayoritas dihadiri oleh mahasiswa yang sedang melanjutkan studi di Kota Kanazawa. Keduanya sendiri berada di wilayah prefektur yang saling bertetangga, dan bisa dijangkau dengan sejam perjalanan darat sejauh 68 kilometer.

Seluruh 15 orang yang bertemu dengan Prof JJ --sapaan akrab Rektor Unhas-- sedang berkonsentrasi pada bidang kedokteran, kedokteran hewan, teknologi nano, keperawatan dan matematika.

Baca Juga: Abdi Mahasiswa Unhas Delegasi Indonesia di Forum Pemuda PBB

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya