IEF 2022 Dili: Pelajar Timor Leste Ramai-Ramai Mendaftar ke Unhas

Ada 270-an peserta pameran yang mendaftar secara onsite

Makassar, IDN Times - Universitas Hasanuddin (Unhas) disambut animo tinggi dalam Indonesian Edication Fair 2022 yang berlangsung di Dili, ibu kota Timor Leste. Dalam helatan yang berlangsung di Gedung Pusat Budaya Indonesia tersebut, tercatat ada 270-an peserta yang menyatakan minat studi di Kampus Merah. Sebanyak 60 di antaranya mendaftar untuk jenjang Master (S2) dan Doktor (S3).

"Antusiasme peserta sangat luar biasa. Dan dengan tingginya jumlah pendaftar, keketatan meningkat, kualitas input tentunya akan lebih baik," ujar Prof. drg. Ruslin, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Hasanuddin, dalam keterangan pers yang diterima IDN Times pada Sabtu malam (15/10/2022).

1. Para pendaftar akan jalani seleksi onsite dalam Pameran Pendidikan Indonesia 2022

IEF 2022 Dili: Pelajar Timor Leste Ramai-Ramai Mendaftar ke UnhasSuasana booth Universitas Hasanuddin di Pameran Pendidikan Indonesia yang berlangsung di Dili, Timor Leste, Sabtu 15 Oktober 2022. (Dok. Humas Universitas Hasanuddin)

Proses pendaftaran secara onsite sendiri berlangsung sejak Sabtu kemarin sampai hari Minggu ini (16/10/2022). Kemudian para calon mahasiswa Unhas asal Timor Leste bakal jalani seleksi onsite pada hari ini hingga Senin besok (17/10/2022) di Ruang Mini Theatre Gedung PBI.

Menurut Prof. Ruslin, ini adalah salah satu cara untuk memacu percepatan internasionalisasi Unhas. Utamanya dalam hal jumlah mahasiswa asing.

"Dengan demikian, kita bisa mendorong prodi-prodi untuk segera mempersiapkan diri membuka kelas-kelas internasional, sehingga atmosfer internasional bisa terbentuk di Unhas," ungkap Guru Besar Fakultas Kedokteran Gigi Unhas itu.

2. Letak geografis dan biaya UKT terjangkau disebut jadi faktor yang menarik minat

IEF 2022 Dili: Pelajar Timor Leste Ramai-Ramai Mendaftar ke UnhasPemandangan gedung Rektorat Universitas Hasanuddin di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Pameran Pendidikan Indonesia, yang berlangsung sejak Kamis lalu (14/10/2022) hingga Senin besok (17/10/2022), dihelat sebagai bagian dari Perayaan 20 Tahun Hubungan Bilateral antara Indonesia dan Timor Leste. Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Dili, Timor Leste, Prof. Dr. Phil. Ikhfan Haris, M.Sc, menyebut ini adalah edisi kelimanya.

Dalam data terbaru, ada 4.125 mahasiswa Timor Leste yang saat ini melanjutkan studi di Indonesia berkat beasiswa. Berangkat dari fakta tersebut, Unhas berharap partisipasi mereka di pameran ini bisa menarik para calon mahasiswa. Tak cuma letak geografis Makassar dan Timor Leste tak terlalu jauh, alasan lainnya adalah beberapa kelompok Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang disebut sangat terjangkau.

"Di samping itu, kami juga membangun kerja sama dengan KNB (Kemitraan Negara Berkembang) untuk menyiapkan beasiswa penuh bagi mahasiswa asing jenjang Sarjana (S1) dan DAAD untuk jenjang Master (S2) dan Doktor (S3)," papar Prof. Ruslin.

3. Unhas dan Pemerintah Timor Leste juga sedang menggodok kerja sama pemberian beasiswa

IEF 2022 Dili: Pelajar Timor Leste Ramai-Ramai Mendaftar ke UnhasIlustrasi warga Timor Leste. ANTARA FOTO/WIDODO J

Selain itu, Unhas dan Fundo de Desenvolvimento do Capital Humano (FDCH) Timor Leste sedang menggodok kerja sama pemberian beasiswa bagi warga negara Timor Leste untuk menimba studi di Unhas.

"Kami berharap melalui kerja sama ini, kami dapat mendorong jumlah mahasiswa asing khususnya Dari Timor Leste. Dan tentunya ini sejalan dengan visi Rektor Unhas yakni untuk percepatan internasionalisasi," jelas Prof. Ruslin.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para mahasiswa Timor Leste untuk mendapat beasiswa ini. Seperti kursus dan tes Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), serta penyesuaian biaya kuliah.

Baca Juga: Ekonom Unhas Khawatir Kenaikan Harga BBM Memicu PHK dan Kemiskinan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya