Comscore Tracker

Viral, Kakek di Makassar Bersepeda 15 Km untuk Divaksin

Salut dengan semangatnya ikut vaksinasi COVID-19!

Makassar, IDN Times - Seorang kakek di Makassar, Sulawesi Selatan, ramai dibicarakan warganet usai videonya viral di media sosial. Kakek itu disebut rela mengayuh sepeda cukup jauh agar bisa ikut vaksinasi COVID-19.

Video sang kakek pertama kali diunggah dr. Helmiyadi SpOT lewat akun TikTok dan Instagram, Rabu (28/7/2021). Video yang sama kemudian diunggah ulang berbagai akun lintas medsos, termasuk di Twitter.

"Pada saat kami melakukan vaksinasi massal COVID-19," tulis keterangan teks pada video yang diunggah lewat akun Instagram @dr.helmiyadi_hk.

"Tampak seorang Bapak Tua ingin mendekat tapi ragu."

"Setelah kami hampiri ternyata Beliau tidak bisa mendaftar Online karena tidak memiliki Ponsel."

Baca Juga: Pemkot Makassar Tambah Ambulans Pengangkut Jenazah Pasien COVID-19

1. Si kakek bercerita naik sepeda dari pagi agar bisa ikut antre vaksinasi

Pada video yang beredar, tampak kakek mengenakan topi ikut antre pendaftaran vaksinasi. Dia kemudian diarahkan oleh petugas untuk mengisi formulir, sebelum diperiksa kesehatannya.

dr. Helmiyadi menulis, kakek itu sudah datang sejak pagi dengan mengayuh sepeda sejauh 15 kilometer. "Sehingga kedua kakinya terasa pegal dan kelelahan."

Dari informasi akun Twitter @supirpete2, video itu direkam pada kegiatan 10.000 Vaksin untuk Makassar yang digelar Yayasan Hadji Kalla dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di Hotel Nipah Makassar. Acara digelar 28-29 Juli 2021.

2. Kabarnya sudah lama ingin divaksin

Viral, Kakek di Makassar Bersepeda 15 Km untuk Divaksinilustrasi penyuntikan vaksin (ANTARA FOTO/Soeren Stache/Pool via REUTERS)

Pembuat video juga menyebut si kakek mengaku sudah dari dulu ingin divaksinasi COVID-19. Tapi dia selalu ditakut-takuti oleh orang di sekitarnya.

Pada video itu terlihat bagaimana dia dengan tenang menjalani proses suntikan vaksinasi. Di akhir tayangan, dia mengacungkan jempolnya ke kamera.

3. Sikap kakek tuai pujian warganet

Banyak warganet yang bersimpati dengan sikap kakek tersebut. Video yang diunggah ulang akun Twitter @supirpete2 telah ditonton 554 ribu kali hingga Kamis siang (29/7/2021), dan ramai di-retweet.

Banyak yang membalas unggahan video dengan kalimat pujian bagi sang kakek yang belum diketahui namanya itu. 

Ada juga yang penasaran dengan identitas kakek itu dan berupaya mencari tempat tinggalnya. 

Baca Juga: Petugas Kewalahan, Jenazah Pasien COVID-19 di Makassar Lambat Dijemput

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya