Comscore Tracker

Unhas Seleksi Calon Mahasiswa Baru Jalur Khusus Ketua OSIS

Panitia menerima 24 perwakilan dari setiap kabupaten/kota

Makassar, IDN Times - Universitas Hasanuddin (Unhas) melangsungkan seleksi penerimaan mahasiswa baru 2019 untuk Program Bakat Kepemimpinan. Seleksi ini merupakan jalur khusus yang diikuti para ketua OSIS dari SMA se-Sulawesi Selatan.

Pada Selasa (26/2), seleksi memasuki tahap verifikasi berkas di Gedung Rektorat Unhas, Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar. Seleksi diikuti 36 peserta dari total 87 pendaftar awal.

"Sebagai program perdana yang dilakukan Unhas, jalur masuk ini banyak diminati ketua OSIS tingkat SMA maupun SMK yang ada di Sulawesi Selatan,” kata Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas Prof A Arsunan Arsin.

Baca Juga: 8 Caleg di Makassar Dicoret, Ini Penyebabnya

1. Peserta melewati sejumlah tahap seleksi

Unhas Seleksi Calon Mahasiswa Baru Jalur Khusus Ketua OSISANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Arsunan mengatakan, calon mahasiswa baru (maba) jalur ketua OSIS melewati sejumlah tahap. Sebelumnya, dari pendaftaran awal, sebanyak 37 peserta dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Pada tahap verifikasi berkas, 36 orang hadir untuk mengikuti rangkaian seleksi selanjutnya. Adapun satu peserta tidak diketahui alasan ketidakhadirannya.

Pada tahapan selanjutnya, para peserta mengikuti seleksi penulisan esai bertajuk “Saya dan Indonesia”, serta menjalani tes wawancara.

2. Peserta bebas memilih jurusan di Unhas

Unhas Seleksi Calon Mahasiswa Baru Jalur Khusus Ketua OSISHumas Unhas

Kepala Sub Direktorat Humas dan Informasi Publik Unhas Ishaq Rahman menerangkan, seleksi penerimaan maba Program Bakat Kepemimpinan terbuka untuk para ketua OSIS dari SMA dan SMK se-Sulsel. Unhas rencananya akan menerima 24 maba dari jalur ini, dengan skema masing-masing satu orang dari setiap kabupaten/kota.

Arsunan menyatakan, jalur khusus ini mendapat tanggapan baik dari Universitas maupun pihak sekolah. Untuk tahap pertama, Unhas membuka penerimaan untuk semua program studi, kecuali Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi.

"Kami upayakan tahun depan dua fakultas ini bisa berpartisipasi. Jadi, tahun ini minus dua fakultas,” ucapnya.

3. Peserta disiapkan untuk menerima beasiswa

Unhas Seleksi Calon Mahasiswa Baru Jalur Khusus Ketua OSISalaskatel.org

Unhas memastikan, para peserta jalur khusus ketua OSIS akan mendapatkan perhatian serius. Peserta yang dinyatakan lolos sebagai mahasiswa akan terus dikawal. Mereka dijanjikan bantuan beasiswa selama berkuliah di Unhas.

“Kami menyiapkan beasiswa Bidikmisi untuk peserta yang tingkat ekonominya di bawah. Untuk menengah ke atas ada beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) pada semester tiga," ujar Arsunan.

Baca Juga: Atikah Salsabila, Bocah Perempuan Perkasa dari Makassar

Topic:

  • Sunariyah

Just For You