Rusdi Masse Unggah Foto Kandidat di 5 Daerah, Isyarat Paket NasDem?  

Pasangan calon di pilkada ditentukan oleh DPP NasDem

Makassar, IDN Times - Sederet foto yang diunggah Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulawesi Selatan Rusdi Masse baru-baru ini menjadi pembicaraan publik. Foto-foto itu menarik perhatian karena memuat sejumlah tokoh yang masuk bursa kandidat di pemilihan kepala daerah di Sulsel.

Pada unggahan terpisah, RMS memajang foto lima orang yang bersanding. Masing-masing orang tersebut diketahui sebagai bakal calon kepala daerah atau wakil di daerahnya masing-masing. Yakni pada pilkada Makassar, Maros, Bulukumba, Soppeng, dan Pangkep.

Foto-foto itu kemudian ramai diterjemahkan sebagai isyarat pasangan yang bakal didukung oleh NasDem di pilkada nanti. Menariknya, RMS mengunggah foto-foto itu tanpa keterangan gambar. Warganet hanya bisa menerka-nerka.

“Belum (pasti), tapi ini isyarat karena Instagram pak ketua RMS,” kata Ketua DPD Partai NasDem Soppeng Andi Zulkarnain Soetomo, saat dikonfirmasi Kamis (26/12).

1. Masing-masing pasangan memuat petahana

Rusdi Masse Unggah Foto Kandidat di 5 Daerah, Isyarat Paket NasDem?  Kandidat yang kemungkinan berpasangan di Pilkada Soppeng. Instagram/rusdimasse

Pada lima foto yang diunggah berturut-turut, Rusdi Masse lebih dahulu menampilkan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulsel Irman Yasin Limpo dan eks Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto. Keduanya masuk bursa Pilkada Makassar.

Berikutnya, ada Wakil Bupati Maros Andi Harmil Mattotorang yang berpose berdampingan dengan Andi Ilham Najamuddin, Asisten 1 Pemkab Maros. Lalu Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto yang duduk bersama Ketua PPP Bulukumba.

Di foto lain, Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak disandingkan dengan eks rivalnya di Pilkada 2015, Lutfi Halide. Dan terakhir, Wakil Bupati Pangkep Syahban Sammana bersanding dengan Ketua DPRD Pangkep Andi Yusran Lalogau.

2. NasDem menawarkan kader di masing-masing daerah

Rusdi Masse Unggah Foto Kandidat di 5 Daerah, Isyarat Paket NasDem?  IDN Times/Aan Pranata

Dari lima pasangan yang fotonya ditampilkan RMS di Instagram, masing-masing memuat kader NasDem. Di Makassar ada Danny Pomanto. Berikutnya, Andi Harmil Mattotorang di Maros, Tomy Satria Yulianto di Bulukumba, Lutfi Halide di Soppeng, dan Andi Yusran Lalogau di Pangkep.

Sekretaris DPW NasDem Sulsel Syaharuddin Alrif enggan berkomentar banyak soal unggahan RMS. Saat ini proses penjaringan kandidat kepala daerah masih berlangsung. Namun dia mengakui bahwa NasDem menawarkan kadernya dalam paket pasangan di setiap pilkada.

“Pokoknya, (foto-foto) itu adalah gambarannya. Kan pak RMS sudah publikasikan, dan itu sudah mantap,” kata Syahar.

Baca Juga: Datangkan Surya Paloh, NasDem Sulsel Unjuk Kekuatan Jelang Pilkada

3. Rekomendasi partai tergantung hasil survei

Rusdi Masse Unggah Foto Kandidat di 5 Daerah, Isyarat Paket NasDem?  Ilustrasi surat suara pilkada. IDN Times/Sukma Shakti

Partai NasDem tengah menunggu hasil survei terhadap pendaftar penjaringan kandidat di 12 daerah di Sulsel. Survei digelar masing-masing kandidat dengan menggandeng lembaga riset yang disarankan oleh partai.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Makassar Andi Rachmatika Dewi mengatakan, penjaringan bakal berlanjut pada tahapan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test. Tahapan itu berlangsung di Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Sulsel pada Januari 2020.

Rachmatika memastikan bahwa hasil survei menjadi salah satu bahan pertimbangan NasDem untuk memberikan rekomendasi pencalonan di pilkada. Penetapan soal calon dukungan partai akan ditentukan pada tingkat pusat atau DPP.

“Fit and proper test akan diambil alih oleh DPW, mulai dari tahapan wawancara dan lain-lain. Setiap kandidat menandatangani pakta integritas dan mengekspos hasil survei masing-masing, yang sudah kami arahkan saat kandidat mendaftar,” ucap Tika.

Baca Juga: Rusdi Masse Naik Kelas ke Pusat, Siapa Pimpin NasDem Sulsel?

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya