Comscore Tracker

NasDem Makassar Ingin Swadaya Perbaiki Jalan Rusak di Antang

Hasil pengukuran, jalan rusak sepanjang 150 meter

Makassar, IDN Times - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Makassar merespons kondisi jalan rusak parah di Jalan Antang Raya. Mereka ingin secara swadaya memperbaiki jalan yang berlubang di sana.

Ketua NasDem Makassar Andi Rachmatika Dewi, turun langsung meninjau kondisi Jalan Antang Raya, Senin (30/5/2022). Dia didampingi Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo yang juga kader NasDem. Turut hadir anggota Fraksi NasDem lainnya di DPRD Makassar, yakni Ari Ashari Ilham, Supratman, dan Mario David.

Cicu -sapaan Rachmatika- mengungkapkan, partainya menjadikan kondisi Jalan Antang Raya sebagai perhatian, karena sudah beberapa bulan terakhir menjadi pembicaraan di masyarakat.

“Jadi berdasarkan hasil rapat yang diinisiasi langsung oleh Kakak Ketua Rusdi Masse (Ketua NasDem Sulsel), kami akan turun perbaiki jalan di Antang Raya ini,” kata Cicu, Senin (30/5/2022).

Baca Juga: Menengok Jalan Rusak di Antang Raya Makassar yang Menunggu Perbaikan

1. Jalan rusak sepanjang 150 meter

NasDem Makassar Ingin Swadaya Perbaiki Jalan Rusak di AntangJalan rusak di Jalan Antang Raya, Kecamatan Manggala, Makassar. (IDN Times/Ashrawi Muin)

Cicu mengatakan, tim NasDem Makassar sudah mengecek kondisi jalan yang rusak. Dari hasil pengukuran, jalan yang rusak parah diketahui sepanjang 150 meter dengan lebar delapan meter.

“Tadi kami bersama Fraksi NasDem Makassar sudah tinjau langsung dan lakukan pengukuran,” kata Cicu.

2. Penanganan jalan rusak dibahas secara internal

NasDem Makassar Ingin Swadaya Perbaiki Jalan Rusak di AntangKondisi jalanan berlubang di ruas Jalan Antang Makassar, Jumat (11/3/2022). Humas Pemprov Sulsel

Rudianto Lallo yang juga Wakil Ketua DPW NasDem Sulsel mengatakan, partainya akan membahas lebih lanjut langkah penanganan Jalan Antang Raya. Dia belum bisa memastikan apakah jalan yang rusak akan ditambal atau diaspal ulang sepenuhnya. Hasil peninjauan akan dirapatkan kembali.

“Mengenai jalan Antang Raya ini segera dicarikan jalan keluarnya. Kami dari Partai NasDem sudah lihat dan langsung ukur,” katanya.

3. Pemprov sudah rencanakan perbaikan tahun ini

NasDem Makassar Ingin Swadaya Perbaiki Jalan Rusak di AntangKondisi jalan berlubang di Jalan Antang Raya Makassar, Kamis (26/5/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel Astina Abbas menyatakan penanganan rekonstruksi jalan rusak di Antang Raya bakal dikerjakan dalam waktu dekat. Penanganan jalan yang rusak sudah dibahas lebih lanjut oleh Pemprov Sulsel.

“ Insya Allah, segera tahun ini kita akan tangani rekonstruksi ruas jalan Antang yang rusak berat. Tentunya hal ini tidak lepas dari arahan langsung bapak Gubernur Sulsel (Andi Sudirman Sulaiman),” katanya.

Astina mengatakan, selain rekonstruksi jalan, sistem drainase di sekitar jalan Antang Raya juga akan diperbaiki. “Sementara akan segera dilakukan DED, kemudian akan lelang untuk penanganan fisiknya,” ucap Astina.

Kepala Bada Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sulsel Muh Rasyid mengatakan, penanganan ruas jalan Antang Raya menggunakan APBD tahun anggaran 2022. Menurutnya, penanganan jalan Antang ini termasuk kategori keperluan mendesak, setelah melalui beberapa tahapan verifikasi terhadap pemenuhan unsur kelayakan secara administratif. Hal itu sesuai dengan aturan Pasal 69 PP 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

“Jalan ini sudah sangat rusak berat, jalannya turun. Sering terjadi kecelakaan. Selain itu, jalannya mengganggu aktivitas masyarakat sehingga sering terjadi kemacetan,” katanya.

Baca Juga: Pembebasan Lahan 100 Persen, Kereta Api Sulsel Beroperasi Oktober 2022

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya