Comscore Tracker

KPU Gowa Tetapkan Adnan-Kio sebagai Pemenang Pilkada

Adnan puji tingkat partisipasi yang di atas target nasional

Makassar, IDN Times – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa, Jumat (22/1/2021) menetapkan Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Malaganni sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih pada Pilkada Gowa 2020. Adnan-Kio sebelumnya meraih 377.463 suara atau 91,22 persen, pada pemilihan 9 Desember 2020.

Penetapan pemenang Pilkada Gowa ditetapkan lewat rapat pleno terbuka di Hotel Gammara Makassar. Adnan-Kio hadir sekaligus menerima penyerahan salinan surat keputusan KPU Gowa tentang penetapan hasil pilkada. Ketua KPU Gowa Muhtar Muis mengatakan, penetapan paslon terpilih menyusul pemberitahuan Mahkamah Konstitusi bahwa tidak ada gugatan terkait pilkada setempat.

“Menetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gowa 2020,” kata Muhtar saat membacakan Surat KPU Gowa Nomor: 31/PL.02.7-kpt/7306/KPU-Kab/I.2021.

Baca Juga: Sirekap 100 Persen: Adnan-Kio Menang 91,1 Persen di Gowa

1. Adnan meraih 91,22 persen suara sah

KPU Gowa Tetapkan Adnan-Kio sebagai Pemenang PilkadaIlustrasi pilkada serentak. IDN Times/Mardya Shakti

Menurut rekapitulasi resmi KPU Gowa, terdapat 413.788 suara sah pada pemungutan suara 9 Desember 2020. Dari jumlah tersebut, pemilih Adnan-Kio sebanyak 377.463 suara atau 91,22 persen. Sedangkan pemilih kolom kosong sebanyak 36.325 suara.

Muhtar melaporkan, Pilkada Gowa 2020 diikuti 419.604 pengguna hak suara. Tingkar partisipasi pemilih tercatat sebesar di atas 78 persen, melebihi target nasional 77 persen.

Perolehan suara Adnan-Kio di Pilkada Gowa jadi rekor baru di Sulawesi Selatan. Pencapaian itu melampaui perolehan suara Nurdin Abdullah saat menang Pilkada Bantaeng 2013. Di periode kedua Nurdin saat itu, kemenangannya mencapai 82,58 persen suara.

2. Partisipasi pemilih Pilkada Gowa jadi sejarah baru

KPU Gowa Tetapkan Adnan-Kio sebagai Pemenang PilkadaIlustrasi Surat Suara (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Pasangan petahana Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Malaganni jadi paslon tunggal di Pilkada Gowa 2020. Mereka didukung sembilan parpol, yaitu PPP, Nasdem, PAN, PKB, Demokrat, PDIP, Perindo, Golkar dan PKS.

Pada penetapan pemenang, Adnan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah bekerja sehingga Pilkada Gowa 2020 berjalan lancar. Dia menyebut kemenangannya kali ini sebagai sejarah dan prestasi, baik bagi pihaknya maupun penyelenggara.

Di samping kemenangannya yang signifikan, Adnan memuji capaian partisipasi pemilih yang di atas target nasional. Pilkada Gowa 2020 merupakan pilkada dengan pasangan calon tunggal yang tingkat partisipasinya di atas 60 persen.

“Ini prestasi luar biasa, kebanggaan kita semua. Sebab di tengah pandemi, yang di mana orang takut untuk keluar rumah, takut berinteraksi, tapi pada pemilihan bupati dan wakil kemarin semua orang berbondong-bondong ke TPS untuk bisa menyalurkan hak pilihnya,” kata Adnan.

3. Lembaga survei menyebut hasil Pilkada Gowa spektakuler

KPU Gowa Tetapkan Adnan-Kio sebagai Pemenang PilkadaBupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. IDN Times/Humas Pemkab Gowa

Kemenangan Adnan-Kio sudah diprediksi sejumlah lembaga survei yang menggelar hitung cepat alias quick count pada hari pilkada. Sala satunya Jaringan Suara Indonesia (JSI), yang melaporkan Adnan-Kio menang dengan perolehan 91,14 persen suara.

Manajer Strategi Pemenangan JSI Andi Sufri Magau, pada hari pemilihan mengatakan, tingkat partisipasi di Pilkada Gowa mencapai 77,32 persen. Di sisi lain, kemenangan Adnan-Kio di semua kecamatan rata-rata di atas 89 persen.

"Pasangan Adnan-Kio sangat signifikan memenangkan Pilkada Gowa. Di mana, raihan mencapai 91 persen merupakan angka spektakuler," kata Sufri.

Baca Juga: Petahana di Pilkada Gowa Menang Telak dari Kotak Kosong

Topic:

  • Aan Pranata
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya