Jamu Banggar DPR, Gubernur Minta Dana APBN untuk Stadion Mattoanging

Renovasi stadion untuk persiapan Sulsel jadi tuan rumah PON

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah meminta bantuan dana APBN untuk pengerjaan renovasi Stadion Mattoanging Makassar. Permintaan itu disampaikan saat menerima kunjungan rombongan Badan Anggaran DPR RI, di Rumah Jabatan Gubernur, Jalan Sungai Tangka Makassar, Kamis (12/12).

Pemprov Sulsel sudah mengalokasikan dana renovasi sekitar Rp200 miliar pada APBD tahun 2020. Namun jumlah itu belum bisa memenuhi kebutuhan, yang ditaksir bernilai total Rp900 miliar. Diharap, kebutuhan dana bisa tertutupi lewat alokasi anggaran belanja negara.

“Kami sudah berbicara dengan pak Gubernur, supaya menyiapkan data, khususnya proposalnya untuk kami bahas di Banggar,” kata Wakil Ketua Banggar DPR RI Rusdi Masse, Kamis (12/12).

1. Diupayakan alokasi dana pada APBD 2021

Jamu Banggar DPR, Gubernur Minta Dana APBN untuk Stadion MattoangingDok. IDN Times/Istimewa

Rusdi Masse mengatakan, rombongan anggota Banggar DPR RI sengaja berkunjung ke Sulsel untuk menyerap aspirasi pemerintah provinsi dan pemerintah daerah. Banggar ingin mendengarkan apa yang menjadi kebutuhan, keluhan, dan harapan tentang penganggaran dari pusat.

Berbagai kebutuhan di daerah, rencananya jadi masukan bagi Banggar untuk menyusun anggaran belanja pada tahun berikutnya. Termasuk usulan tambahan biaya renovasi Stadion Mattoanging.

“Apa yang dikeluhkan di daerah kami akan perjuangkan. Untuk (APBN) tahun 2021. Karena yang 2020 sudah selesai, tinggal jalan,” ucap Rusdi.

2. Renovasi Stadion Mattoanging jadi proyek multi tahunan

Jamu Banggar DPR, Gubernur Minta Dana APBN untuk Stadion MattoangingGubernur Sulsel Nurdin Abdullah. IDN Times/Aan Pranata

Gubernur Nurdin Abdullah menyatakan proyek renovasi Stadion Mattoanging bakal segera dimulai setelah APBD Sulsel dievaluasi di Kementerian Dalam Negeri. Pemprov segera membuka lelang tender pengerjaan instrastruktur.

Sebelumnya, Gubernur Nurdin membagikan desain awal renovasi stadion lewat akun media sosialnya. Dia juga menyatakan persiapan lain berupa proyek perencanaan fisik atau detail engineering design (DED) sudah selesai.

“Kita buat multi years saja, jadi satu kali tender. Semakin cepat diselesaikan, semakin cepat dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Nurdin.

Baca Juga: Terinspirasi Kapal Pinisi, Begini Desain Renovasi Stadion Mattoanging

3. Sulsel bakal mengajukan diri sebagai tuan rumah PON

Jamu Banggar DPR, Gubernur Minta Dana APBN untuk Stadion MattoangingKemeriahan pesta penutupan SEA Games 2019 di Stadion Atletik New Clark City, Tarlac, Filipina, Rabu. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/foc.

Gubernur Nurdin memprioritaskan renovasi Mattoanging, agar menjadi stadion representatif di Sulsel. Stadion itu juga disiapkan sebagai sarana untuk menggelar ajang olahraga nasional.

Nurdin mengungkapkan rencananya mengajukan Sulsel sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional tahun 2024. Setelah stadion, Pemprov juga bakal merenovasi berbagai gelanggang olahraga di Sulsel.

“Kita sebetulnya punya niat jadi tuan rumah PON yang akan datang. Makanya kita siapkan seluruh venue-venue dulu. Kalau kita minta langsung jadi tuan rumah, kan, tentu persyaratannya harus kita siap,” ujar Gubernur.

4. Stadion dirancang sesuai standar AFC dan FIFA

Jamu Banggar DPR, Gubernur Minta Dana APBN untuk Stadion MattoangingDok. IDN Times/Istimewa

Desain awal renovasi Stadion Mattoanging dirancang arsitek Yori Antar. Yori membagikan gambar dan video desain tersebut melalui Instagram, Kamis (12/12) pagi. Dia mengungkapkan bahwa desain dirancang terinspirasi dari prinsip dasar kapal Pinisi yang membesar ke atas. Sedangkan skema warna terinspirasi dari logo PSM Makassar, seperti merah, jingga, putih, dan hitam.

Stadion Mattoanging yang berdiri sejak tahun 1955 bakal mengalami peningkatan tribun. Dirancang dua level tribun penonton dengan kapasitas 25 ribu kursi. Yori menyebut area ruang terbuka hijau di depan stadion dipertahankan, dan menjadi ruang-ruang interaktif.

Stadion itu juga disiapkan untuk menggelar pertandingan sepak bola berstandar internasional. “Standar-standar stadion dari AFC dan FIFA akan menjadi dasar dan acuan dalam merampungkan baik desain Stadion Mattoanging dan juga lapangan kedepannya,” katanya melalui akun @yoriantar.

Baca Juga: Renovasi Stadion Mattoanging, Gubernur Berharap Bantuan Dana APBN

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya