Demo 'Turunkan Jokowi' di Makassar, Ini Sikap Mahasiswa UMI    

Mereka merespons sejumlah kebijakan Pemerintah dan DPR

Makassar, IDN Times - Seratusan orang Aliansi Mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) berunjuk rasa di depan kampus, Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (23/9) siang. Demonstrasi sebagai bentuk sikap protes mahasiswa terhadap sejumlah kebijakan terkini Pemerintah dan DPR.

Unjuk rasa pukul 13.00 Wita digelar dengan menutup sebagian besar badan jalan. Akibatnya, lalu lintas kendaraan tersendat dan menimbulkan kemacetan sepanjang dua kilometer dari dua arah.

Saat bergantian berorasi, mahasiswa menyatakan protes kepada Pemerintah yang dianggap tidak berpihak terhadap rakyat. Bersama DPR, Presiden Joko Widodo dianggap bertanggung jawab karena sejumlah produk legislasi yang merugikan rakyat telah atau segera disahkan.

Mahasiswa berulangkali meneriakkan yel-yel sebagai bentuk kekecewaan terhadap Pemerintah. "Turunkan Jokowi! Jokowi Fasis!" bunyi sebagian yel-yel mahasiswa.

1. Mahasiswa bakar ban dan mengusung boneka jerami

Demo 'Turunkan Jokowi' di Makassar, Ini Sikap Mahasiswa UMI    IDN Times/Aan Pranata

Demonstrasi Aliansi Mahasiswa UMI diwarnai aksi bakar ban di tengah jalan. Didominasi jas berwarna hijau, rombongan mengusung boneka jerami dengan tulisan di dada: Tumbangkan Rezim Anti Demokrasi. Kalimat yang sama terpampang pada sejumlah spanduk yang dibentangkan massa.

Aksi ini dikawal sejumlah petugas Kepolisian. Meski menghambat lalu lintas, demonstrasi tidak sampai menimbulkan keributan.

2. Mahasiswa sampaikan 12 poin pernyataan sikap

Demo 'Turunkan Jokowi' di Makassar, Ini Sikap Mahasiswa UMI    IDN Times/Aan Pranata

Demonstrasi yang diikuti mahasiswa asal berbagai fakultas, menyampaikan sikapnya atas sejumlah isu terkini di dalam negeri. Mereka bergantian membacakan 12 poin pernyataan, sebagian besar berisi penolakan atas sejumlah produk legislasi yang dianggap bermasalah.

Produk legislasi yang ditolak, antara lain Revisi Undang-undang KPK, Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP), Revisi UU Pemasyarakatan, dan UU Minerba. Sebaliknya, Aliansi menuntut segera disahkan Rancangan UU Penghapusan Kekerasan Seksual.

Mahasiswa juga meminta perhatian serius Pemerintah dalam kasus kebakaran hutan di berbagai daerah di Indonesia. Kebakaran diduga disengaja oleh oknum tertentu. Mereka juga menolak kenaikan iuran BPJS, serta meminta dihentikan intimidasi dan penangkapan aktivis prodemokrasi.

"Beberapa permasalahan menandakan bahwa pemerintahan hari ini tidak lagi bisa diharapkan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat," kata Mira, juru bicara Aliansi.

Baca Juga: Dukungan dan Penolakan Revisi UU KPK di Makassar Berlanjut  

3. Mahasiswa berencana turun kembali ke jalan

Demo 'Turunkan Jokowi' di Makassar, Ini Sikap Mahasiswa UMI    IDN Times/Aan Pranata

Aksi demonstrasi mahasiswa UMI berakhir sekitar pukul 14.30 Wita, ditandai dengan pernyataan Sumpah Mahasiswa. Mereka kemudian berarakan kembali ke dalam kampus sambil meneriakkan yel-yel.

Lewat pengeras suara, mahasiswa mengumumkan rencananya untuk turun kembali ke jalan pada Selasa (24/9) besok. Mereka mengisyaratkan demonstrasi berikutnya akan diikuti lebih banyak mahasiswa.

Usai demonstrasi berakhir, arus lalu lintas di Jalan Urip Sumoharjo berangsur lancar. Sedangkan pada hari yang sama, dikabarkan akan ada aksi demonstrasi di kampus lain di Makassar.

4. Ini 12 poin pernyataan sikap Aliansi Mahasiswa UMI

Demo 'Turunkan Jokowi' di Makassar, Ini Sikap Mahasiswa UMI    IDN Times/Aan Pranata
  1. Tolak Revisi UU Ketenagakerjaan
  2. Tolak Revisi UU Pertanahan
  3. Tolak RUU Perkelapasawitan
  4. Tolak Rancnagan Kitab Undang-undang Hukum Pidana
  5. Tolak Revisi UU KPK
  6. Segera sahkan Rancangan UU Penghapusan Kekerasan Seksual
  7. Tolak RUU Pemasyarakatan
  8. Tolak RUU Minerba
  9. Usut tuntas pembakaran hutan
  10. Tolak kenaikan iuran BPJS dan wujudkan kesehatan gratis
  11. Hentikan intimidasi dan penangkapan aktivis prodemokrasi
  12. Hentikan perampasan ruang hidup

Baca Juga: [BREAKING] Mahasiswa UMI Bakar Ban Sambil Teriak "Jokowi Turun"

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya