Comscore Tracker

Bagi Sembako, Relawan Ganjar Galang Dukungan Nelayan Makassar

Ganjar disebut peduli nelayan selama memimpin Jawa Tengah

Makassar, IDN Times - Komunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan sosialisasikan figur kandidat presiden Ganjar Pranowo, di kampung nelayan Untia, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (26/8/2022).

Komunitas relawan menggalang dukungan masyarakat pesisir kepada Ganjar sebagai salah satu kandidat potensial calon presiden. Mereka berkumpul sekaligus untuk mempererat silaturahmi.

"Harapan kami, semoga Pak Ganjar bisa jadi presiden, dan membantu nelayan di seluruh Indonesia, termasuk kami di Sulsel," kata Koordinator relawan Komunitas Nelayan Pesisir Makassar Angga Januari, Jumat.

Baca Juga: Survei SMRC: Ganjar Pranowo Ungguli Anies dan Prabowo

1. Kebijakan Ganjar disebut berpihak kepada nelayan

Bagi Sembako, Relawan Ganjar Galang Dukungan Nelayan MakassarGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Instagram.com/@ganjar_pranowo)

Angga mengatakan, kepada masyarakat nelayan, pihaknya membagikan berbagai sisi positif dan prestasi Ganjar Pranowo selama memimpin Jawa Tengah. Sebagai gubernur, Ganjar disebut mengeluarkan berbagai kebijakan yang berpihak kepada nelayan. Salah satunya lewat pemberian asuransi.

Asuransi tersebut merupakan program Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN) dari Pemprot Jateng agar nelayan bisa tenang saat melaut. Asuransi memungkinkan nelayan mendapat tunjangan bila mengalami kecelakaan, baik di darat maupun di laut.

"Hal ini telah terbukti di Jawa Tengah. Ia memberikan asuransi untuk 10.000 nelayan di Jawa Tengah. Dia juga selalu membantu nelayan di masa suram, contohnya membantu saat nelayan kesusahan solar untuk melaut," kata Angga.

2. Kelangkaan bahan bakar jadi masalah bagi nelayan

Bagi Sembako, Relawan Ganjar Galang Dukungan Nelayan MakassarIlustrasi nelayan antre mendapatkan BBM untuk melaut. (IDN Times/Haikal Adithya)

Angga mengatakan, banyak harapan nelayan untuk calon presiden di masa depan. Dia berharap, ketika terpilih, Ganjar bisa memberikan solusi. Misalnya soal kelangkaan bahan bakar untuk kebutuhan melaut.

"Harapan kami juga agar Pak Ganjar bisa mengamankan pasokan solar untuk nelayan, dan menstabilkan harga produk laut di pasar. Sebab saat ini harga jual naik turun. Jika nelayan sudah sejahtera, pasti kita bisa merdeka pangan dari hasil laut," kata Angga.

3. Sosialisasi sambil bagi-bagi sembako

Bagi Sembako, Relawan Ganjar Galang Dukungan Nelayan MakassarRelawan Ganjar Pranowo menggalang dukungan sambil bagi-bagi sembako untuk nelayan dan masyarakat pesisir di Makassar. (Dok. Istimewa)

Angga menuturkan, komunitasnya terus aktif menggalang dukungan bagi Ganjar Pranowo di kalangan nelayan lain di pesisir Makassar. Ia juga menyebut akan menggelar kegiatan positif lainnya untuk menyejahterakan anggota komunitas nelayan di berbagai daerah.

"Seperti hari ini, kita mendistribusikan bingkisan berupa sembako untuk para nelayan. Sementara ke depannya, kita juga akan menggelar sejumlah pelatihan untuk para nelayan. Salah satunya pelatihan keamanan atau safety, sehingga kecelakaan kerja saat melaut bisa dihindari," Angga mengatakan.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Ingatkan Bahayanya Politik Identitas Jelang 2024

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya