PD Pasar Ingin Aktifkan Semua Pasar di Kota Manado

Saat ini dua pasar di Manado belum beroperasi optimal

Manado, IDNTimes – Perusahaan Daerah (PD) Pasar Manado berencana mengaktifkan seluruh pasar tradisional yang ada di Kota Manado, Sulawesi Utara.

Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Manado, Lucky Senduk, mengatakan ada 9 pasar tradisional di Kota Manado, yaitu Pasar Bersehati, Pasar Pinasungkulan (Karombasan), Pasar Pandu, Pasar Bobo Bailang, Pasar Buha Mapanget, Pasar Restorasi Kayubulan, Pasar Tamara Mapanget, Pasar Anugerah Perkamil, dan Pasar Perumnas Paniki Dua.

Meski begitu, Lucky menyebut ada dua pasar yang belum beroperasi secara maksimal, yaitu Pasar Buha dan Pasar Kayubulan. Penyebabnya, kedua pasar tersebut belum dilalui akses kendaraan umum.

Hal tersebut membuat Pasar Buha dan Pasar Restorasi Kayubulan menjadi gedung kosong, tak berpenghuni. Tak ada satupun penjual yang menempati kios-kios di dalam pasar.

“Kendalanya sudah dari awal dibangun, memang tidak ada akses kendaraan umum ke pasar,” ujar Lucky, Rabu (1/6/2022).

Baca Juga: UNSRAT Manado Diminta Investigasi Dugaan Pungli Sidang Skripsi

1. Strategi PD Pasar Manado

PD Pasar Ingin Aktifkan Semua Pasar di Kota ManadoJarak Jalan Santiago-Pasar Buha, sekitar 350 meter. Google Maps

Jika dilihat, letak Pasar Buha dan Pasar Restorasi Kayubulan memang jauh dari jalan utama. Misalnya saja Pasar Buha yang berada di Jalan Santiago, Buha, Mapanget, Manado, Sulut. Masyarakat harus berjalan kaki sekitar 350 meter dari Jalan Santiago. Guna meramaikan kedua pasar tersebut, PD Pasar Manado memiliki beberapa strategi.

“Pasar Buha akan kami gunakan sebagai tempat para penampung sebelum mendistribusikan barang mereka ke pasar-pasar yang ada di Kota Manado,” jelas Lucky.

Sedangkan Pasar Restorasi Kayubulan akan digunakan sebagai sentra Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Saat ini, PD Pasar Manado tengah berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Manado untuk mewujudkan Pasar Restorasi Kayubulan sebagai sentra UMKM.

2. PD Pasar Manado data pasar unyil

PD Pasar Ingin Aktifkan Semua Pasar di Kota ManadoKios dan barang-barang yang ditinggalkan pedagang di Pasar Buha, Mapanget, Manado, Sulut, Rabu (1/6/2022). IDNTimes/Savi

Selain 9 pasar yang terdaftar secara resmi di PD Pasar Manado, Lucky mengaku masih ada beberapa pasar bayangan atau yang disebut sebagai pasar unyil.

Pasar-pasar unyil tersebut didirikan di lahan perseorangan, sehingga pengelolaannya belum di bawah PD Pasar Manado. Meski begitu, Lucky mengaku belum bisa memperkirakan jumlahnya dikarenakan PD Pasar Manado tengah mendata.

“Sedang kami data, kami periksa ada izinnya atau tidak. Kalau tidak ada, akan kami tawarkan kerjasama pengelolaan ke pemilik lahannya,” kata Lucky.

Berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kota Manado Nomor 1 tahun 2013 tentang Pengelolaan Pasar Kota Manado, pengelolaan pasar di Kota Manado memang harus di bawah langsung PD Pasar Manado.

3. Para pedagang menolak direlokasi ke Pasar Buha dan Pasar Restorasi Kayubulan

PD Pasar Ingin Aktifkan Semua Pasar di Kota ManadoKondisi Pasar Bersehati yang tampak padat, Rabu (18/5/2022). IDNTimes/Savi

Isu penolakan relokasi pedagang ke Pasar Buha dan Pasar Restorasi Kayubulan sudah santer terdengar beberapa tahun terakhir. Salah seorang pedagang sayur di Pasar Bersehati bernama Anang, menyebut bahwa para penampung di Pasar Bersehati sudah diminta pindah ke Pasar Buha namun menolak.

“Mereka kan berjualan juga di pinggir jalan, jadi menutupi akses pembeli ke Pasar Bersehati. Jadi macet juga,” ungkap Anang.

Hal yang sama juga diungkapkan salah seorang pedagang di Pasar Buha bernama Jemmy. Ia sudah mendengar isu relokasi para pedagang Pasar Bersehati tersebut sejak Kamis, 26 Mei 2022, namun hingga kini belum ada satupun pedagang yang menempati kios di Pasar Buha.

“Katanya memang mau dipindah ke sini, tapi belum ada pedagang baru yang masuk. Mereka yang tidak mau,” jelas Jemmy.

4. Pedagang di Pasar Buha dipindah ke pinggir Jalan Santiago

PD Pasar Ingin Aktifkan Semua Pasar di Kota ManadoKios-kios yang didirikan di pinggir Jalan Santiago untuk pedagang Pasar Buha, Rabu (1/6/2022). IDNTimes/Savi

Beberapa pedagang yang memilih bertahan di Pasar Buha kini dipindah ke pinggir Jalan Santiago. Hal ini ditujukan agar akses pembeli ke Pasar Buha lebih mudah.

“Nanti kalau sudah ramai, baru dipindah ke dalam gedung pasar lagi,” ucap Jemmy.

Rencananya, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado juga akan membuat terminal di dekat Pasar Buha untuk menarik masyarakat berbelanja di Pasar Buha.

Baca Juga: Protokol Kesehatan Dilonggarkan, Penjualan Masker di Manado Menurun

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya