Selebgram Makassar Ditangkap Terkait Jaringan Narkoba Fredy Pratama

Selebgram inisial NU disebut terlibat TPPU jaringan narkoba

Makassar, IDN Times - Penyidik Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri menangkap selebgram asal Makassar, Nur Utami alias NU yang terlibat dalam jaringan narkoba internasional, Fredy Pratama.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sulawesi Selatan (Sulsel), Kombes Pol Komang Suartana, kepada wartawan di kantor Ditlantas Polda Sulsel, Makassar, Senin (18/9/2023).

"Iya, kan diamankan oleh tim Bareskrim Mabes Polri. Saya kira kita semua sudah tahu itu," ungkap Kombes Pol Komang.

1. Polisi sebut NU merupakan istri pengedar narkoba jaringan Fredy

Selebgram Makassar Ditangkap Terkait Jaringan Narkoba Fredy PratamaSelebgram Makassar, NU, ditangkap Mabes Polri terkait TPPU jaringan narkoba Fredy/Istimewa

Tersangka Nur Utami ditangkap Bareskrim Polri karena diduga terlibat di kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dari jaringan pengedar narkoba Fredy yang asetnya disebutkan menyentuh angka hingga Rp10,5 triliun.

"Kan sudah ditahu dia (NU) adalah istri dari jaringan di Pinrang (Nasrul Nasir). Tetapi yang lebih jelasnya di penyidik Mabes yang menangani kasus ini," terang Komang.

2. Polda Sulsel tidak tahu proses penangkapan NU

Selebgram Makassar Ditangkap Terkait Jaringan Narkoba Fredy PratamaKepala Bidang Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Komang Suartana. IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Komang Suartana mengaku tidak tahu banyak soal proses penangkapan NU. Tapi yang jelasnya, kata dia, setiap adanya penangkapan dari Mabes Polri pasti akan dibantu oleh kepolisian di wilayah terkait.

"Soal kapan dan di mana (NU) ditangkap saya tidak tahu, mungkin bisa dikonfirmasi ke Mabes tapi yang jelasnya penangkapan pasti di back-up," Komang menjelaskan.

3. Polres Pinrang tidak tahu siapa yang ditangkap

Selebgram Makassar Ditangkap Terkait Jaringan Narkoba Fredy PratamaIlustrasi. Seorang pelaku perdagangan orang dengan tangan terborgol saat dihadirkan di Polda Jateng. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Terpisah, Kepala Satuan (Kasat) Narkoba Polres Pinrang AKP Eka Bayu mengaku, memang ada penangkapan yang dilakukan penyidik Bareskrim Mabes Polri di wilayah Pinrang terkait jaringan narkoba Fredy Pratama.

"Memang ada kemarin penangkapan di Pinrang, kita back-up juga tapi jauh dari tim Mabes. Kami juga tidak tahu siapa yang ditangkap dan jumlahnya," singkat Eka.

Sebagai informasi, pihak Bareskrim Polri bersama Royal Thai Police (RTP), Polis Diraja Malaysia (PDRM), US DEA dan instansi terkait lainnya mengungkap jaringan sindikat narkoba jaringan internasional pimpinan Fredy Pratama. Nilai aset jaringan ini bahkan sampai Rp.10,5 triliun, dari hasi peredaran 10,2 ton narkoba jenis sabu dan juga 100 ribu lebih ekstasi.

Baca Juga: Dua Polisi di Makassar Ditangkap saat Beli Narkoba Paket Hemat

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya