Comscore Tracker

Waspada Potensi Cuaca Ekstrem di Sulawesi Tenggara 22-27 November 2020

Efek dari aktivitas sirkulasi siklonik di Laut Banda

Makassar, IDN Times - Memasuki akhir bulan November 2020, sebagian wilayah di Indonesia diperkirakan akan dilanda cuaca ekstrem, khususnya di wilayah Indonesia bagian Tengah dan Timur.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian daerah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal dilanda hujan deras, disertai kilat dan petir, ditambah angin kencang.

1. Sirkulasi siklonik di Laut Banda pada 22 hingga 27 November

Waspada Potensi Cuaca Ekstrem di Sulawesi Tenggara 22-27 November 2020Warga memakai payung saat hujan terjadi, Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (18/11/2020). (ANTARA FOTO/Jojon)

Dikutip dari laman kantor berita ANTARA pada Minggu (22/11/2020) malam, Ramlan selaku Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kendari menjelaskan, cuaca ekstrem ini berasal dari sirkulasi siklonik di atas Laut Banda.

"Sirkulasi sikonik yang terjadi dari 22 hingga 27 November mendatang akan meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik di Sulawesi Tenggara," jelas Ramlan.

2. Aktivitas siklonik ditambah dengan fenomena cuaca lainnya yakni Madden Julian Oscillation ditambah Rossby-Kelvin Wave

Waspada Potensi Cuaca Ekstrem di Sulawesi Tenggara 22-27 November 2020Citra satelit kondisi cuaca di Indonesia pada Minggu (22/11/2020). (BMKG.go.id)

Lebih jauh, sejumlah fenomena cuaca seperti Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Rossby Ekuatorial ditambah gelombang Kelvin turut meningkatkan pertumbuhan awan hujan di langit Sulawesi Tenggara.

Gelombang Rossby Ekuatorial dan Kelvin merupakan fenomena pergerakan sistem konvektifitas udara di atmosfer yang berpropagasi ke arah barat dan melewati wilayah Indonesia. Adapun Madden Julian Oscillation (MJO) adalah pergerakan gelombang atmosfer di sepanjang daerah khatulistiwa yang berpropagasi ke arah timur.

Baca Juga: Basarnas Evakuasi 33 Orang yang Terjebak di Sungai Lamesou Sultra

3. Warga di Kabupaten Konawe dan Konawe Utara pun diminta waspada selama sepekan ke depan

Waspada Potensi Cuaca Ekstrem di Sulawesi Tenggara 22-27 November 2020Anak-anak menaiki sampan saat banjir di jalan Poros Kendari, Pondidaha, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Kamis (20/6/2019). (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Hujan deras disertai angin kencang berpotensi melanda nyaris seluruh Sultra. Antara lain Kota Kendari, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Kolaka, Kolaka Timur, Kolaka Utara, Bombana, dan Buton Utara.

Warga diimbau untuk waspada bencana yang timbul dari kondisi cuaca ekstrem seperti banjir dan tanah longsor, termasuk pohon tumbang. Terlebih di wilayah langganan banjir seperti Konawe dan Konawe Utara.

Baca Juga: Konawe Dilanda Banjir Hebat, KPK Minta Pemda Evaluasi Izin Tambang

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya