Gubernur Gorontalo Umumkan Dirinya Terpapar COVID-19 Varian Omicron

Sudah jalani isolasi mandiri selama tiga hari

Makassar, IDN Times - Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, mengumumkan bahwa dirinya positif terinfeksi COVID-19 varian Omicron pada Jumat pagi (11/2/2022). Kabar serta kronologinya turut disampaikan lewat situs resmi Pemerintah Provinsi Gorontalo.

"Saya dari Jakarta tiba di Gorontalo hari Minggu 6 Februari dengan pesawat Garuda. Hasil antigen dari Jakarta negatif dan hasil tes antigen di bandara Gorontalo juga negatif," ujarnya seperti dilansir ANTARA.

1. Dinyatakan positif COVID-19 pada Selasa, 8 Februari lalu

Gubernur Gorontalo Umumkan Dirinya Terpapar COVID-19 Varian OmicronGubernur Gorontalo Rusli Habibie sedang berolahraga sembari jalani masa isolasi mandiri di kediaman pribadinya usai dinyatakan positif COVID-19 varian Omicron, Jumat 11 Februari 2022. (Dok. Humas Pemprov Gorontalo)

Tiba di Kota Gorontalo, Rusli lalu melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Boalemo untuk menhadiri rapat Forkopimda. Tapi pada Selasa 8 Februari, ia mulai mengalami gejala demam dan batuk. Tes antigen yang dilakukan tetap menunjukkan negatif.

Di hari yang sama, ia masih meninjau vaksinasi di Boalemo dan lakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pohuwato, sebelum pulang ke ibu kota provinsi.

Kepastian tentang varian Omicron sendiri datang dari hasil pemeriksaan yang dilakukan laboratorium BPOM Gorontalo, yang baru Rusli ketahui pada Selasa 8 Februari pukul 10 malam.

2. Sempat alami demam tinggi dan batuk kering

Gubernur Gorontalo Umumkan Dirinya Terpapar COVID-19 Varian Omicronilustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

"Saya minta di antigen lagi hasilnya negatif. Tapi karena saya merasa tetap tidak enak badan dan batuknya makin sering, minta tes PCR dan keluar hasilnya Selasa malam kalau saya positif Omicron," kata Rusli.

Tim dokter bergerak cepat dengan melakukan contact tracing. Beberapa orang dekat Rusli seperti istri Idah Syahidah, supir, humas serta ajudan pun sudah jalani tes usap PCR, dan hasilnya negatif.

"Saya hari pertama batuk kering berdahak, kedua panas tinggi hampir 40 (derajat Celcius). Alhamdulillah demam sudah berangsur pulih, hari ini (Jumat 11 Februari) sudah sehat dan saya berolahraga," jelasnya.

3. Ingatkan masyarakat untuk tetap patuh protokol kesehatan

Gubernur Gorontalo Umumkan Dirinya Terpapar COVID-19 Varian OmicronPetugas kepolisian memegang papan imbauan saat Operasi Yustisi penerapan protokol kesehatan di Jalan Jhon Aryo Katili di Kota Gorontalo, Gorontalo, Senin (14/9/2020). ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Rusli kembali mengingatkan masyarakat bahwa pandemik COVID-19 belum berhenti. Terlebih sejak adanya varian Omicron yang penyebarannya lebih cepat.

"Vaksin dan protokol kesehatan harus tetap jalan. Saat ini hindari kerumunan dulu, karena Omicron ini cukup berbahaya," jelas politisi Golkar tersebut.

Sosok 58 tahun itu sudah jalani isolasi mandiri dan olahraga rutin selama tiga hari di bawah pengawasan tim dokter. Kondisinya pun telah berangsur pulih setelah sempat demam tinggi.

Baca Juga: Gubernur Gorontalo dan Istri Umumkan Positif COVID-19

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya