4 Karyawan PT Poso Energy Milik JK Positif COVID-19

Telah jalani karantina sejak hari Selasa (20/10/2020) silam

Makassar, IDN Times - Momok virus corona di tempat kerja kembali menghantui. Kali ini, empat karyawan PT Poso Energy yang terletak di Desa Sulawena, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, dikonfirmasi positif terinfeksi COVID-19 sejak Selasa, 20 Oktober 2020 lalu.

Keempatnya tengah jalani karantina di mes perusahaan pembangkit listrik tenaga air milik konsorsium bisnis Kalla Group tersebut. Mereka saat ini telah masuki hari kedua proses isolasi.

1. Empat karyawan PT Poso Energy sudah masuki hari kedua isolasi mandiri

4 Karyawan PT Poso Energy Milik JK Positif COVID-19Aktivitas para karyawan PT Poso Energy di sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). (Dok. PT Poso Energy)

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Poso, dr. Taufan. Kendati demikian, anggota Gugus Tugas COVID-19 Poso tersebut tak tahu menahu identitas rinci seluruh karyawan.

"Iya benar hasil swab-nya itu (positif), ada empat Karyawan PT Poso Energy positif. Saya tidak tahu siapa dan asal dari mana empat karyawan itu," ujarnya seperti dikutip dari ANTARA, Kamis (21/10/2020).

2. Dinas Kesehatan Kabupaten Poso bergerak cepat melakukan tracing contact

4 Karyawan PT Poso Energy Milik JK Positif COVID-19Ilustrasi pasien tes swab (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sebelumnya, Taufan menyebut hanya ada satu karyawan PT Poso Energy yang dinyatakan positif COVID-19. Namun yang bersangkutan telah sembuh.

Lebih jauh, tes usap (swab test) juga telah dilakukan kepada beberapa rekan yang sempat melakukan kontak dengan empat karyawan tersebut. Sebagian besar dinyatakan negatif atau tak tertular.

"Masih ada empat (karyawan) lagi yang masih menunggu hasil swab," lanjut Taufan.

Baca Juga: Kasus COVID-19 di Sulteng Terus Bertambah, Pemprov Siapkan RS Darurat

3. Dalam data per hari Kamis (21/10/2020), ada 13 kasus baru COVID-19 di seluruh Sulawesi Tengah

4 Karyawan PT Poso Energy Milik JK Positif COVID-19Sejumlah pengendara melintas di bawah baliho berisi imbauan untuk berada di rumah saja di salah satu ruas jalan di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (29/3/2020). (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Menurut data Dinkes Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) per Kamis (22/10/2020), Kabupaten Poso saat ini menempati peringkat enam wilayah sebaran COVID-19 terbanyak yakni 48 kasus.

Dalam data yang sama, ada tambahan 13 kasus baru di seluruh Sulteng selama sehari terakhir. Dengan ini, total akumulasinya telah mencapai 775.

Jumlah pasien sembuh bertambah 15 orang, sehingga jumlahnya menginjak angka 494 atau 63,7 persen dari seluruh kasus terkonfirmasi. Tak ada laporan kematian sejak Rabu (21/10/2020) kemarin, sehingga total warga Sulteng meninggal akibat virus ini masih sebanyak 30 jiwa.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: Sulteng Longgarkan Syarat Perjalanan, Tak Wajib Swab Cukup Rapid Test

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya