Comscore Tracker

MASA Land 2022, Satukan Festival Musik dan Kampanye Lingkungan

Terapkan konsep eco-friendly, Hindia jadi penampil utama

Makassar, IDN Times - Sukses menghelat MASA Market Fest pada Juni lalu, agensi MASA Kreatif dan Prolog Studio kembali menghelat acara konser musik pada Jumat ini (5/8/2022). Bertajuk MASA Land, mereka mengangkat tema "green lifestyle" demi membangun kesadaran terhadap lingkungan yang lebih ramah dan sustainable (berkelanjutan).

"Kita ingin bersama-sama membawa anak muda melihat masa depan. Sejalan dengan gaya hidup kita yang sangat agresif," ungkap Direktur Prolog Fest, Juang Manyala, dalam keterangan pers yang diterima IDN Times pada Rabu (3/8/2022).

"Kreativitas juga harus sejalan dengan kepedulian atas masa depan lingkungan, dan bisa dikemas lewat musik atau film," imbuhnya.

Baca Juga: Merasakan Pengalaman Nonton Konser Musik Aman di Prolog Fest 2021

1. Gencarkan kampanye "green lifestyle" pada seluruh partisipan konser

MASA Land 2022, Satukan Festival Musik dan Kampanye LingkunganPara penonton dan tim media di depan panggung utama Prolog Fest 2021 yang berlangsung di Rooftop Nipah Mall Makassar, 30 Oktober 2021. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

Lewat kampanye "green lifestyle", MASA Land mengajak seluruh partisipan untuk lebih peduli. Salah satu caranya dengan mengurangi konsumsi plastik sekali pakai. Seluruh pengunjung konser diwajibkan membawa tumbler air minum pribadi. Ini upaya menerapkan konsep eco-friendly di Makassar, sembari mengajak para pelaku industri kreatif untuk peduli pada isu lingkungan.

Lebih jauh, pihak MASA Land juga mengajak visual artist yang terlibat untuk mengangkat tema yang diusung lewat instalasi seni. Ruang publik dalam venue juga akan memudahkan para penonton untuk menjaga lingkungan, seperti dengan penyediaan lebih banyak tempat sampah dan pengisian air minum gratis.

"Kita menaruh banyak water station di dalam venue konser. Jadi kalau tidak bawa tumbler, tidak bisa minum," seloroh Juang.

2. Prinsip ramah lingkungan juga menyasar tenant kuliner yang ikut meramaikan

MASA Land 2022, Satukan Festival Musik dan Kampanye LingkunganDirektur Prolog Studio, Juang Manyala (paling kiri), dalam sesi konferensi pers "Walk Through the Park" yang berlangsung di Main Atrium NIPAH Park, 27 Juli 2022. (Dok. Humas Kalla Group)

Selain itu, sebanyak 13 tenant kuliner yang terlibat juga akan mendukung MASA Land menciptakan eco-friendly festival. Juang menyebut masing-masing akan menyajikan makanan-minuman dengan kemasan edisi khusus.

"Yang paling penting penting adalah bagaimana sama-sama melihat masa depan. Musik itu sebenarnya bukan cuma hiburan, tapi mendorong juga perubahan positif di masa depan. Nipah Park dan Prolog Fest, MASA Kreatif dan Kenanga Live akan mencoba hal ini," tutur Juang.

"Sama-sama kita sounding ini keluar. Setelah kita melewati pandemik, spirit semakin besar. Semuanya adalah hal-hal positif yang kita dukung bersama," pungkasnya.

3. Hindia jadi "main act" untuk edisi pertama MASA Land

MASA Land 2022, Satukan Festival Musik dan Kampanye LingkunganVokalis .Feast, Lomba Sihir dan Hindia yakni Daniel Baskara Putra. (Instagram.com/wordfangs)

Di edisi pertamanya, MASA Land menampilkan tiga musisi lokal. Mereka antara lain duo alternatif DVY yang baru saja merilis single baru "Kemalaman", rapper OG Avamato dengan lagu andalan "Sabda Lidah Api" serta "Pancaroba", serta kuartet folk Kapal Udara.

Hindia didapuk sebagai penampil utama untuk MASA Land 2022. Proyek solo milik musisi Daniel Baskara Putra (.Feast, Lomba Sihir) tersebut siap menghibur para penggemarnya di Makassar.

Materi album debut Menari dengan Bayangan (2019) dianggap sangat relate dengan kehidupan anak muda saat ini. Mulai dari "Evaluasi", "Besok Mungkin Kita Sampai", "Secukupnya" dan "Membasuh."

Baca Juga: Memutar Ulang Waktu bersama DEWA 19 di Makassar

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya