Comscore Tracker

Danny Pomanto Tawarkan Sejumlah Proyek Infrastruktur ke Investor Asing

Dari Japparate hingga Masa Rapid Transit

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar kembali menggelar ajang Makassar Investment Forum di Hotel Four Points, pada Selasa (8/11/2022). Ajang ini menawarkan berbagai peluang investasi di berbagai sektor.

Melalui ajang ini, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menawarkan sejumlah proyek infrastruktur kepada investor asing. 

"Makassar mempunyai beberapa potensi investasi saat ini yaitu Japparate, jalan tol lingkar Makassar, green parking garage, Macca (Makassar Core City Arena), New Balai Kota dan MRT," kata Danny.

1. Dihadiri 8 perwakilan negara sahabat

Danny Pomanto Tawarkan Sejumlah Proyek Infrastruktur ke Investor AsingSuasana pembukaan Rapat Kerja Teknis APEKSI di Hotel Four Points Makassar, Senin (7/11/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Ajang tersebut merupakan rangkaian Rapat Kerja Teknis APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) 2022 yang dihadiri 64 kota seluruh Indonesia dan 8 negara sahabat yakni Australia, UK, Singapura, Korea Selatan, Jerman, Belanda, Hongkong dan Jepang. Danny menyebut perwakilan dari negara-negara yang hadir tersebut merespon dengan baik tawarannya.

"Misalnya tadi saya dibisiki tentang tol yang sudah disampaikan bahwa kita berminat soal tol. Saya akan terangkan bagaimana tol termasuk japparate yang sudah masuk di iPRO (Investment Project Ready to Offer)," ujarnya.

2. Danny ingin Makassar jadi contoh

Danny Pomanto Tawarkan Sejumlah Proyek Infrastruktur ke Investor AsingWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Danny menyebutkan sejumlah kerja sama antara Pemerintah Kota Makassar dengan negara lain. Sebut saja kerja sama dengan Australia dalam program RISE (Revitalising Informal Settlements and Their Enviroments atau revitalisasi pemukiman kumuh dan lingkungannya.

Menurut Danny, program RISE juga bisa diterapkan di kota-kota lain di Indonesia. Dengan begitu, Makassar tak melulu memikirkan diri sendiri namun juga berbagi pengalaman kepada anggota APEKSI lainnya.

"Makassar bisa menjadi contoh walaupun belum sempurna tapi udah jalan dan Makassar siap menjadi bagian untuk share dengan teman-teman luar jika ada keinginan untuk investasi yang tidak dimiliki oleh Makassar," katanya.

Baca Juga: Ketua APEKSI Minta Seluruh Pemerintah Kota Bersiap Hadapi Resesi

3. BI dukung investasi di Sulsel

Danny Pomanto Tawarkan Sejumlah Proyek Infrastruktur ke Investor AsingIlustrasi investasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulsel, Causa Iman Karana, menilai bahwa Makassar memang perlu meningkatkan peluang investasi. Hal ini untuk bertahan mengingat kondisi krisis global saat ini.

"Kami bersama Pemprov dan Pemkot sudah menyusun Forum Pinisi Sultan untuk percepatan investasi dan perdagangan. Kami secara rutin mencari proyek yang siap ditawarkan baik untuk investor dalam negeri ataupun luar negeri," kata Causa.

Baru-baru ini, kata dia, pihaknya juga mempromosikan investasi Sulsel ke Amerika Serikat, Inggris dan Hongkong meskipun melalui Zoom. Ke depannya, BI  akan promosi juga di negara lain. 

"Saat ini, kami akan menawarkan proyek yang siap ditawarkan kepada para investor. Berdasarkan asesmen kami, potensi sangat besar di Timur dan tentunya juga Indonesia Timur adalah masa depan Indonesia. Jadi, silakan berinvestasi di Makassar, Sulsel," kata Causa.

Baca Juga: Rakernis APEKSI, Danny Buka Lebar Peluang Investasi di Kota Makassar 

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya