Comscore Tracker

Warga di Makassar Temukan Bayi Ditelantarkan dalam Selokan

Bayi laki-laki diduga diterlantarkan orang tuanya

Makassar, IDN Times - Warga di perempatan Jalan Baji Minasa- Jalan Cendrawasih, Kecamatan Mariso, Kota Makassar, digegerkan dengan penemuan bayi di dalam selokan.

Kanit Reskrim Polsek Mariso, Iptu Syamsuddin mengatakan, bayi laki-laki itu ditemukan pertama kali oleh Beta, penjahit di lokasi setempat, pada Rabu (15/9/2021) sekitar pukul 08.15 WITA.

"Bayinya ditemukan dalam selokan dan dipanggil warga lain untuk dibawa bayi ini ke Puskesmas Mamajang," kata Syamsuddin saat dikonfirmasi, Rabu petang.

1. Berawal dari kecurigaan penjahit yang melihat bercak darah di sekitar gerobaknya

Warga di Makassar Temukan Bayi Ditelantarkan dalam SelokanTangkapan layar, bayi saat dievakuasi dari dalam selokan oleh warga/Istimewa

Syamsuddin menjelaskan, penemuan sesosok bayi dalam selokan bermula saat Beta melihat darah di sekitar gerobak tempat menyimpan alat kerjanya di pagi hari.

"Akhirnya dibersihkan darah tersebut dengan menyiramkan air lalu disapu. Tak lama, saksi mendengar suara dari dalam selokan sekitar 1 meter dari tempatnya biasa menjahit," ujarnya.

2. Sempat diacuhkan, dikira suara kucing

Warga di Makassar Temukan Bayi Ditelantarkan dalam SelokanIlustrasi bayi. (Pexels.com/Benji Aird)

Syamsuddin mengatakan, Beta sempat tidak memperdulikan suara tersebut. Dia mengira bahwa itu adalah suara kucing di dalam selokan. "Makin lama suara makin besar dan terdengar seperti suara anak bayi," ucapnya.

Beta lantas memanggil rekannya, Jamaluddin untuk membantunya melihat sumber suara dari dalam selokan. "Bayi tergeletak di dalam selokan tanpa ada kain yang menutupi badannya," jelas Syamsuddin.

Baca Juga: Kenali 5 Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi pada Bayi Baru Lahir

3. Polisi selidiki siapa orangtua bayi

Warga di Makassar Temukan Bayi Ditelantarkan dalam Selokanilustrasi bayi baru lahir (pexels.com/Christian Bowen)

Saat ditemukan, tali pusar atau ari-ari bayi tersebut masih lengkap. Beta dan Jamaluddin lantas meminta pertolongan warga untuk membawa bayi malang itu ke puskesmas terdekat.

Bayi tersebut dalam keadaan sehat. Polisi kini masih menyelidiki siapa orang tua yang tega menelantarkan bayinya. "Saat ini juga kami masih selidiki dan mencari kedua orang tua bayi ini," katanya.

Baca Juga: Tertukar Saat Bayi, Wanita Spanyol Gugat Otoritas Kesehatan

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya