Comscore Tracker

Maju Lagi di Pilkada 2020, Adnan-Kio Minta Restu Masyarakat Gowa

Pasangan ini mendeklarasikan pencalonan pada Sabtu (15/2) 

Makassar, IDN Times - Adnan Purichta Ichsan dan Abdul Rauf Mallaganni Karaeng Kio (Adnan-Kio), mendeklarasikan diri untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Gowa 2020. Mereka memutuskan kembali berpasangan setelah terpilih sebagai bupati dan wakil bupati Gowa, periode 2016-2021.

Deklarasi yang digelar di Gedung Haji Bate, Sungguminasa, Gowa, Sabtu (15/2), dipadati massa pendukung, simpatisan, hingga tim sukses, pasangan Adnan Kio. Adnan mengatakan deklarasi ini sebagai kesiapannya bersama Karaeng Kio untuk mencalonkan kembali di pilkada.

"Hari ini kami meminta izin, meminta restu kepada kepada teman-teman seperjuangan, kepada tokoh-tokoh masyarakat Gowa, kepada sesepuh, kepada timses, relawan, simpatisan untuk kami mendapatkan izin, mulai melakukan pergerakan dalam pencalonan Bupati dan Wabup Gowa," kata Adnan pada acara deklarasi.

Baca Juga: Survey LSI: Mayoritas Warga Gowa Ingin Adnan Kembali Jadi Bupati  

1. Adnan-Kio sudah mengumpulkan 12p ribu KTP warga Gowa

Maju Lagi di Pilkada 2020, Adnan-Kio Minta Restu Masyarakat GowaDeklarasi Adnan-Kio jelang Pilkada Gowa 2020. IDN Times / Istimewa

Adnan menyatakan pihaknya telah mengumpulkan ratusan ribu KTP warga Gowa, sebagai syarat untuk mencalonkan diri di jalur perseorangan. Namun itu merupakan langkah alternatif, mengingat sudah ada beberapa partai yang telah siap mendukung.

"Alhamdulillah kalau calon perseorangan hari ini kita siap dan kita sudah mengumpulkan 120 ribu KTP. Namun alhamdulillah kami sangat berterima kasih, apresiasi partai-partai yang hingga saat ini masih melirik kami, sehingga kami rasa sudah sangat cukup bahkan lebih untuk bisa mengusung," ujar Adnan.

2. Sebagai pasangan, Karaeng Kio mengaku telah mewakafkan diri untuk setia mendampingi Adnan

Maju Lagi di Pilkada 2020, Adnan-Kio Minta Restu Masyarakat GowaDeklarasi Adnan-Kio jelang Pilkada Gowa 2020. IDN Times / Istimewa

Terpisah, Karaeng Kio mengaku, dengan sepenuh hati, mewakafkan dirinya untuk setia mendampingi Adnan dalam pertarungan perebutan kursi kekuasaan di Gowa. Menurutnya, apa yang selama ini dilakukan Adnan sebagai pemimpin daerah, dibuktikan dengan tindakan nyata.

"Saya sudah sampaikan, saya wakafkan diri saya, untuk mendampingi Pak Bupati (Adnan) untuk membangun Gowa lebih baik ke depan. Yang belum baik, kita perbaiki, yang sudah baik akan kita sempurnakan," ungkap Kio.

Di sisi lain, Kio menampik rumor yang sebelumnya beredar terkait kesiapannya untuk menjadi bupati, bukan wabup. Dia menganggap, rumor tersebut sangat jauh dari apa yang selama ini dia niatkan.

"Saya ini orangnya sangat mensyukuri jabatan, jadi karena mensyukuri, saya tidak pernah berpikir untuk menjadi 01 (Bupati). Saya tidak pernah niatkan, di hati saja tidak pernah, apalagi di mulut," ucapnya.

3. Sosok Adnan dimata Karaeng Kio

Maju Lagi di Pilkada 2020, Adnan-Kio Minta Restu Masyarakat GowaDeklarasi Adnan-Kio jelang Pilkada Gowa 2020. IDN Times / Istimewa

Adnan Purichta Ichsan telah berpasangan dengan Abdul Rauf Mallaganni Karaeng Kio, sejak Pilkada 2015 lalu. Sepanjang perjalanan mendampingi Adnan sebagai bupati, dia mengaku sangat saling memahami.

Kedekatan emosional tersebut diakui Kio membuat dinamika dalam menjalankan roda pemerintahan di Gowa, sangat stabil. Situasi itu pula katanya, yang membuat Kabupaten Gowa saat ini, semakin berkembang.

"Beliau sangat menghargai wakilnya dan beliau selama ini, tidak sedikit pun marah atau sepintas lain mimiknya, itu tidak pernah. Selalu baik sama saya dan semua pekerjaan beliau selalu, pekerjaan-pekerjaan dimusyawarahkan, disampaikan sama saya," ungkapnya.

Baca Juga: Mengenal Kabupaten Gowa, Tiga Kali Dipimpin Trah Yasin Limpo  

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya