Comscore Tracker

Longsor di Dua Desa Akibat Gempa Bumi di Majene Sulbar

Warga sempat evakuasi diri ke dataran tinggi

Makassar, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, mencatat gempa yang terjadi pada Kamis siang mengakibatkan longsor di dua desa di Kecamatan Tubo Sendana.

"Jadi ini ada dua titik longsor di daerah (desa) Onang dan (dusun) Lombo'na, Desa Tubo, di Majene. Longsornya bebatuan dari bukit ke badan jalan," kata Kabid Kedaruratan BPBD Majene, Sirajuddin, saat dihubungi, Kamis (14/1/2021).

1. Sejumlah rumah rusak sedang hingga berat

Longsor di Dua Desa Akibat Gempa Bumi di Majene SulbarTangkapan layar video gempa bumi di Majene, Sulawesi Barat/Istimewa

Sirajuddin mengatakan, pihaknya belum mendapatkan laporan korban jiwa akibat longsor. Masyarakat setempat, kata dia, telah bekerja sama membersihkan material longsoran yang sempat menutup akses jalan yang menghubungkan kedua desa tersebut.

Saat ini, BPBD Majene sementara mendata ulang sejumlah kerusakan akibat gempa yang terjadi. Mulai dari rumah warga hingga fasilitas umum. "Kita dapat laporan di Kecamatan Malunda, kan di sana pusatnya ada beberapa rumah warga yang rusak berat, ringan, dan sedang," ungkapnya.

2. Warga sempat mengungsi ke dataran tinggi

Longsor di Dua Desa Akibat Gempa Bumi di Majene SulbarIlustrasi Gempa (IDN Times/Sukma Shakti)

Sirajuddin mengatakan, sebagian besar warga yang merasakan gempa sempat panik. Mereka bahkan mengevakuasi diri sendiri. "Kemudian beberapa warga juga sudah mengungsi ke daerah ketinggian ada tiga titik masyarakat sementara mengungsi. Salah satunya di Kota Tinggi, Kecamatan Malunda," ucapnya.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam rilisnya menyebut, getaran gempa telah mengakibatkan banyak kerusakan. "Gerabah pecah, jendela dan pintu berderik serta dinding berbunyi," ucap Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati dalam rilisnya.

Baca Juga: Gempa di Majene Sulbar Rusak Bangunan dan Memicu Longsor

3. Gempa terasa di sebagian daerah di Sulsel

Longsor di Dua Desa Akibat Gempa Bumi di Majene SulbarTitik gempa bumi di Majene, Sulawesi Barat/BNPB

Raditya menyebut dampak gempa di Majene Sulbar, terasa hingga ke sebagian besar daerah di Sulsel. Mulai dari Kota Makassar, Kabupaten Tana Toraja, Mamasa, Pinrang, Wajo, Kota Parepare bahkan hingga di Balikpapan, Kalimantan Timur.

"BNPB melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Majene untuk memonitor kondisi pascagempa," imbuh Raditya.

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mencatat, gempa di Majene Sulawesi Barat berkekuatan 5,9 SR terjadi Kamis, sekitar pukul 14.35 WITA. "Memang kalau kedalaman cukup rendah, 10 kilometer dirasakan dan merusak banyak tempat," kata Pelaksana tugas Kabid Data dan Informasi BBMKG Makassar Jamroni, saat ditemui di kantornya, Kamis sore.

Baca Juga: Gempa M 5.9 Guncang Majene Sulbar, Terasa hingga di Kota Makassar

Topic:

  • Sahrul Ramadan
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya