Kamping di Kaki Gunung, Satu Pendaki Asal Gowa Tewas Diduga Hipotermia

Korban dan 13 rekannya kamping di kaki Gunung Bawakaraeng

Makassar, IDN Times - Seorang pendaki dikabarkan meninggal dunia usai melakukan kegiatan kamping di kaki Gunung Bawakaraeng, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Kamis (2/1). Informasi yang diterima dari aparat kepolisian setempat, korban bernama Anugrah putra (31).

Sempat dirawat oleh rekan-rekannya bersama warga setelah mengeluhkan sakit yang diderita, korban akhirnya mengembuskan napas terakhir dalam perjalanan ke puskesmas setempat.

"Di tengah perjalanan menuju perkampungan warga, sakit yang diderita almarhum semakin parah sehingga meninggal dunia," kata Wakapolsek Tinggimoncong Iptu Catur melalui Kasubbag Humas Polres Gowa AKP M Tambunan, dalam keterangan resmi yang diterima sejumlah jurnalis di Makassar, Kamis malam.

1. Korban sempat mengeluhkan sakit perut yang diderita

Kamping di Kaki Gunung, Satu Pendaki Asal Gowa Tewas Diduga HipotermiaIlustrasi jenazah. IDN Times/Sukma Shakti

Korban disebutkan adalah warga Desa Romangloe, Kecamatan Bontomarannu, Gowa. Anugrah, bersama 13 orang rekannya membangun tenda di sekitar kaki Gunung Bawakaraeng selama dua hari. Tepatnya, sejak 31 Desember 2019 untuk kamping sembari menikmati suasana alam.

"Sehari setelah kamping, almarhum mengalami sakit perut di lokasi perkemahan. Sehingga teman-temannya meminta pertolongan kepada masyarakat setempat untuk membawa almarhum berobat ke puskesmas terdekat," ujarnya.

2. Korban didiagnosa mengalami hipotermia

Kamping di Kaki Gunung, Satu Pendaki Asal Gowa Tewas Diduga HipotermiaKorban saat dievakuasi ke rumah warga / Humas Polres Gowa

Lebih lanjut kata Catur, berdasarkan hasil pemeriksaan medis, korban meninggal diduga karena penurunan kondisi fisik akibat kelelahan. Belum lagi, mengingat,kondisi sejumlah daerah di Sulawesi Selatan sejak dua hari terakhir diguyur hujan.

"Dari hasil diagnosa Puskesmas Parigi, korban diduga meninggal karena hipotermia,” ungkapnya.

Dari puskesmas, korban dirujuk sementara ke rumah warga setempat di Dusun Lengkese, Desa Manimbahoi, Kecamatan Parigi, sesaat sebelum keluarganya datang menjemput jenazah. Korban dikabarkan telah dimakamkan di kampung halaman oleh pihak keluarga.

Baca Juga: Seorang Penggali Batu Gunung di Gowa Tewas Tertimpa Pohon Ambles

3. Polisi selidiki sebab meninggalnya korban

Kamping di Kaki Gunung, Satu Pendaki Asal Gowa Tewas Diduga HipotermiaIDN Times/Arief Rahmat

Kata Catur, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak keluarga untuk dilakukan autopsi. Namun, pihak keluarga menolak dan menerima kejadian tersebut sebagai kecelakaan sehingga penyidik membuat berita acara penolakan proses autopsi.

"Kami dari pihak Polsek Tinggimoncong terus berkoordinasi dengan pihak Puskesmas Parigi untuk penyelidikan mendalam tentang penyebab pasti hingga korban meninggal dunia," ucapnya menutup.

Baca Juga: Mayat Pria Ditemukan di Samping Kanal Perumahan Mewah di Gowa 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya