Comscore Tracker

Kalapas Bollangi Diganti, Kemenkumham: Tidak Terkait Kasus Napi Tewas

Kemenkumham sebut tak ada kaitannya dengan Andi Lolo

Makassar, IDN Times - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Bollangi, Sungguminasa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Yusran Saad, diganti. Pergantian tidak begitu lama usai peristiwa kematian narapidana bernama Andi Lolo.

Penggantinya adalah Andi Mohammad Syarif. Informasi pergantian pejabat tingggi di internal Lapas Bollangi itu dibenarkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulsel, Harun Sulianto.

Namun, dia menampik bila pergantian jabatan berkaitan dengan tewasnya napi. "Dia (Yusran Saad) sudah terima SK (surat keputusan)-nya sebelum itu (tewasnya) napi tersebut," singkat Harun, kepada jurnalis saat dikonfirmasi, Senin (20/12/202).

1. Kepala lapas Bollangi diganti tiga hari usai napi meninggal dunia

Kalapas Bollangi Diganti, Kemenkumham: Tidak Terkait Kasus Napi TewasIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Andi Lolo diketahui meninggal dunia tak lama setelah pihak lapas Bollangi menyetujui permintaan peminjaman dari petugas Direktorat Reserse Narkoba Polda Sulsel, Rabu (15/12/2021). Pria 46 tahun itu dibawa oleh polisi untuk pengembangan kasus narkoba yang menjeratnya.

Informasi yang diterima dari Kemenkumham Sulsel, pergantian jabatan Yusran Saad terhitung sejak Sabtu, 18 Desember 2021. Hanya berselang tiga hari setelah Andi Lolo meninggal dunia. "Tidak (ada kaitannya)," imbuh Harun.

2. Propam Polda Sulsel periksa 4 anggota polisi

Kalapas Bollangi Diganti, Kemenkumham: Tidak Terkait Kasus Napi TewasKonferensi pers keluarga napi Lapas Bollangi yang meninggal dunia/Istimewa

Sebelumnya, Petugas Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sulawesi Selatan tengah memeriksa sejumlah anggota polisi untuk menyelidiki penyebab kematian Andi Lolo.

"Anggota, empat orang diiterogasi untuk (pengambilan) keterangan awal," singkat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulsel, Kombes Ade Indrawan dalam keterangan tertulisnya saat dikonfirmasi, Senin (20/12/2021).

Baca Juga: Napi Narkoba Lapas Bollangi Gowa Tewas usai Dijemput Polisi

3. Keluarga sempat pertanyakan SOP peminjaman napi ke polisi

Kalapas Bollangi Diganti, Kemenkumham: Tidak Terkait Kasus Napi TewasKonfrensi pers keluarga napi Lapas Bollangi yang meninggal dunia/Istimewa

Keluarga Andi Lolo, melalui pendamping hukummya Muhammad Abduh menyampaikan keberatan. Mereka merasa ada yang janggal dengan kematian Andi Lolo. Terlebih pihak keluarga menyimpan bukti foto sejumlah luka lebam di tubuh narapidana narkoba itu.

Mereka juga mempertanyakan bagaimana sebenarnya sistem operasional prosedur (SOP) di lapas terkait peminjaman napi ke polisi. "Apakah pihak lapas melakukan pengawalan warga binaan sampai ke lokasi yang dituju," kata Abduh dalam jumpa pers Jumat (17/12/2021).

Baca Juga: Kematian Napi Lapas Bollangi, 4 Polisi Diperiksa

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya