Imigran Myanmar Ditemukan Tewas Tergantung dalam Kamar di Makassar

Korban tinggal di rumah penampungan imigran di Makassar

Makassar, IDN Times - Penghuni Pondok Anugrah, rumah penampungan imigran di Jalan Daeng Tata, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, digemparkan dengan temuan sesosok mayat dalam kondisi tergantung, Selasa (2/2/2021) malam.

"Ditemukan sekitar pukul 18.30 WITA oleh imigran penghuni pondok," kata Kasubbang Humas Polrestabes Makassar, Kompol Supriady Idrus dalam keterangan tertulisnya kepada jurnalis.

1. Imigran berasal dari Myanmar

Imigran Myanmar Ditemukan Tewas Tergantung dalam Kamar di MakassarIlustrasi imigran. IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Supriady menyebut, imigran yang tewas berinisial MN asal Myanmar. Laki-laki 35 tahun itu pertama kali ditemukan oleh rekannya sesama imigran. Saksi bernama Liban, warga negara Somalia melihat MN sudah tidak bernyawa di dalam kamar yang terletak di lantai 2 pondok penampungan.

"Saksi menengok ke kamar korban karena sudah beberapa hari tidak terlihat salat di mesjid," ungkap Supriady. 

2. Dalam beberapa hari terakhir MN tidak pernah kelihatan

Imigran Myanmar Ditemukan Tewas Tergantung dalam Kamar di MakassarIlustrasi jenazah. IDN Times/Mardya Shakti

Liban berniat datang berkunjung untuk mencari tahu kondisi dan keberadaan MN. Tapi, kata Supriady, Liban merasakan keanehan karena pintu kamar MN tidak terkunci. Apalagi MN tidak merespons saat Liban mengetuk pintu kamarnya berulang kali. 

Liban semakin curiga setelah mencium aroma menyengat saat berada di depan kamar MN. "Sehingga saksi melaporkan hal tersebut kepada pihak security dan pengelola Pondok Nugraha," ujar Supriady. 

3. Jenazah MN telah dievakuasi ke RS Bhayangkara

Imigran Myanmar Ditemukan Tewas Tergantung dalam Kamar di MakassarIlustrasi Mayat. IDN Times/Mardya Shakti

Liban bersama saksi lainnya Hasbi, kemudian berupaya mendorak pintu kamar MN. Mereka terkejut menemukan MN dalam kondisi mengenaskan. Temuan itu kemudian langsung dilaporkan ke polisi. 

Keterangan yang diperoleh polisi dari Hasbi, MN sudah tidak pernah terlihat beraktivitas di luar kamar sejak dua hari belakangan ini. "Tidak pernah keluar kamar dan tinggal sendiri di dalam kamar," imbuh Supriady. 

Saat ini jenazah MN telah dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk diperiksa lebih lanjut. Termasuk menyelidiki sebab pasti MN meninggal dunia.

Baca Juga: Seorang Pria di Makassar Ditemukan Tewas Tergantung dalam Rumah

4. Mari bersama cegah perilaku bunuh diri

Imigran Myanmar Ditemukan Tewas Tergantung dalam Kamar di MakassarPexels.com/Dương Nhân

Bunuh diri merupakan masalah kesehatan jiwa serius yang sering diabaikan masyarakat. Jika kamu membutuhkan pertolongan atau mengenal seseorang yang membutuhkan bantuan, kamu bisa menghubungi layanan konseling pencegahan bunuh diri, di nomor telepon gawat darurat (emergency) hotline (021) 500–454 atau 119, bebas pulsa.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, saat ini sudah terdapat lebih dari 3.000 Puskesmas yang memiliki layanan kesehatan jiwa. Kamu bisa menghubungi atau langsung mendatangi Puskesmas terdekat untuk mengetahui apakah mereka melayani kesehatan jiwa. Bagi pemegang BPJS, konsultasi kejiwaan di Puskesmas tidak dikenakan biaya alias gratis. Jika belum memiliki BPJS, kamu tetap bisa berkonsultasi dengan biaya administrasi sebesar Rp5.000.

Selain itu, Kemenkes RI juga menyiapkan 5 RS jiwa rujukan yang dilengkapi dengan layanan konseling kesehatan jiwa dan pencegahan bunuh diri. RS jiwa tersebut ialah:

RSJ Amino Gondohutomo Semarang, nomor telepon (024) 6722565
RSJ Marzoeki Mahdi Bogor, nomor telepon (0251) 8324024, 8324025, 8320467
RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta, nomor telepon (021) 5682841
RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, nomor telepon (0293) 363601
RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang, nomor telepon (0341) 423444

Jika kamu membutuhkan informasi dan konsultasi terkait hal seperti ini, kamu bisa menghubungi beberapa kontak di bawah ini:

NGO Indonesia: Jangan Bunuh diritelp: (021) 9696 9293email: janganbunuhdiri@yahoo.com

Organisasi INTO THE LIGHTmessage via page FB: Into The Light Indonesia (@IntoTheLightID)direct message via Twitter: @IntoTheLightID

Kementrian Kesehatan Indonesiatelp: (021) 500454

Baca Juga: Sepasang Remaja di Toraja Utara Ditemukan Tewas Tergantung

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya