Digigit Anjing Pitbull, Seorang Warga Makassar Kritis

Pemilik melepas rantai pengaman pitbull

Makassar, IDN Times - Seorang warga di Kota Makassar harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit setelah sempat dinyatakan kritis. Warga berinisial IZA (35) kritis setelah diserang dan digigit anjing jenis pitbull di dekat rumahnya di Jalan Tidung 10, Kelurahan Mappala, Kecamatan Rappocini.

"Informasi yang kami dapatkan dari keluarga sampai sekarang korban masih dirawat intensif di RS Awal Bross. Kabarnya mau dioperasi," kata Babinkamtibmas Kelurahan Mappala, Aipda Umar Zulkarnain, saat ditemui di lokasi kejadian, Senin (25/11).

1. Anjing Pitbull menerkam korban saat berupaya menutup pintu pagar rumahnya

Digigit Anjing Pitbull, Seorang Warga Makassar KritisPolisi menunjukkan lokasi penyerangan pitbull di depan rumah korban

Peristiwa penyerangan anjing pitbull di Makassar terjadi pada Minggu (24/11) sekitar pukul 14.30 WITA. Berdasarkan keterangan warga setempat, kata Umar, kejadian itu berawal saat pemilik pitbull berinisial IC melepas anjingnya untuk buang air besar di halaman rumahnya.

Rumah pemilik anjing dan korban hanya berjarak kurang dari 50 meter. Saat buang air, anjing itu dilepas tanpa pengaman rantai, sementara pemiliknya masuk ke dalam rumah untuk mengambil perlengkapan kebutuhan anjingnya.

Karena pintu pagar rumahnya tak terkunci anjing itu pun berlari keluar halaman dan menuju ke jalan raya. "Nah setelah dibiarkan begitu mau buang air, anjingnya ini lihat ada kucing di atas pagar. Langsung dikejar itu kucing sampai keluar," ungkapnya.

Karena tak mendapatkan target buruan kucing, pitbull lalu disebutkan mencari buruan lain. Korban yang saat itu beraktivitas di luar rumah, langsung berpapasan dengan anjing tersebut.

"Akhirnya karena tahu anjing itu lepas, korban ini mau masuk ke rumahnya. Pas baru mau tutup pagar, itu anjing langsung lompati dan gigit itu korbannya," jelas Umar.

2. Korban menderita luka robek di pipi akibat gigitan pitbull

Digigit Anjing Pitbull, Seorang Warga Makassar KritisPetugas Polsek Rappocini mengamankan lokasi kejadian terlepasnya pitbull di Jalan Tidung 10, Kelurahan Mappala, Kecamatan Rappocini, Makassar, Senin (25/11) / Sahrul Ramadan

Warga setempat yang menyaksikan kejadian saat itu, berupaya untuk mengusir anjing pitbull yang menyerang korban. Beberapa di antara warga lainnya, mendatangi rumah pemilik untuk mengamankan anjingnya. Kurang dari lima menit setelah diserang, anjing itu pun langsung dibawa oleh pemiliknya.

Korban, lanjut Umar, tersungkur bersimbah darah kemudian diselamatkan oleh adiknya dan warga setempat. "Kita temukan ada luka robek dalam di pipi kirinya. Di tubuhnya juga ada beberapa luka-luka, mungkin dicakar. Korban sekarang masih di rawat, rencana langsung mau dioperasi plastik," terangnya.

3. Pemilik berulang kali diingatkan oleh warga untuk tidak melepas anjingnya sembarangan

Digigit Anjing Pitbull, Seorang Warga Makassar KritisPetugas Polsek Rappocini mengamankan lokasi kejadian terlepasnya pitbull di Jalan Tidung 10, Kelurahan Mappala, Kecamatan Rappocini, Makassar, Senin (25/11) / Sahrul Ramadan

Lebih lanjut kata Umar, warga hingga pejabat pemerintah setempat, seperti lurah hingga RT berulang kali memperingatkan kepada pemilik agar tak memelihara anjing di dalam kawasan kompleks.

Namun, pemilik katanya seolah-olah tak mengindahkan teguran tersebut hingga berdalih bahwa anjing pitbull peliharaanya jinak. "Sudah berapa kali diingatkan tapi begitu, dia lalai. Karena alasannya ke warga memang selalu begitu. Akhirnya dapat musibah seperti ini baru dia menyesal," ucapnya.

Baca Juga: Anjing Pitbull Gigit Satpam, Pemilik jadi Tersangka tapi Tak Ditahan

4. Pitbull berusia 1 tahun itu dikenal ganas oleh warga setempat

Digigit Anjing Pitbull, Seorang Warga Makassar KritisAnjing pitbull yang menyerang warga / Sahrul Ramadan

Oleh warga setempat anjing itu memang dikenal ganas dan liar. Sudah setahun lebih, pitbull itu dipelihara oleh IC. Saking dikenalnya, warga mengaku cukup was-was apabila ingin beraktivitas dan lewat di depan rumah IC.

"Memang dari dulu itu anjing begitu. Bahkan saya dulu berapa kali mau dikejar tapi saya langsung masuk ke rumahnya tetanggaku," ucap Firman, pemuda setempat.

5. Pemilik diminta datang ke Mako Polsek Rappocini untuk diperiksa

Digigit Anjing Pitbull, Seorang Warga Makassar KritisBabinkamtibmas Kelurahan Mappala, Aipda Umar Zulkarnain, saat ditemui di lokasi kejadian, Senin (25/11) / Sahrul Ramadan

Kata Umar, pemilik anjing sejauh ini belum memberikan keterangan terkait kejadian ini. Dia diberi waktu dua kali 24 jam untuk datang ke Mako Polsek Rappocini untuk memberikan keterangan.

"Sementara katanya mau datang (ke Mako Polsek) sebentar habis magrib. Karena pemiliknya sibuk kerja. Apalagi dia tinggal sendiri, jadi anjingnya ditaruh di dalam rumah baru dibiarkan. Makanya kita ambil keterangan lanjutannya nanti," ujar Umar.

Pitbull tersebut telah dibawa keluar dari lingkungan warga oleh pemiliknya pascakejadian kemarin. Saat ini, petugas bahkan telah memberikan garis polisi di tempat kejadian di mana anjing itu pertama kali terlepas di rumah IC.

Umar berharap agar pemilik anjing pitbull yang menyerang warga di Makassar, agar kooperatif memenuhi panggilan pemeriksaan untuk kelanjutan proses penanganan kejadian.

Baca Juga: Bocah 8 Tahun Kritis Setelah Diserang Pitbull Peliharaan Keluarganya

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya