Sulawesi Selatan Penerima Terbanyak Penghargaan KLA 2019

Sebanyak 247 kabupaten/kota se-Indonesia raih KLA

Makassar, IDN Times - Sulawesi Selatan menjadi provinsi yang menerima banyak penghargaan di malam puncak Kota Layak Anak (KLA) tahun 2019. Sebanyak 14 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan dinobatkan sebagai kabupaten/kota layak anak.

Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman yang langsung menerima penghargaan tersebut dalam kegiatan forum anak nasional se-Indonesia ini digelar di Makassar, Selasa malam (23/7). Acara ini dihadiri para kepala daerah se-Indonesia.

Di sela acara, Andi Sudirman mengatakan bahwa kabupaten/kota tidak boleh hanya berfokus pada penghargaan yang diraih, melainkan harus memenuhi hak dan memberikan perlindungan kepada anak.

“Kita bersyukur bisa meraih penghargaan ini, tapi ingat jangan fokus pada penghargaannya saja,” kata Andi Sudirman.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Hari Anak Nasional yang Diperingati Setiap 23 Juli

1. Perlindungan terhadap anak wajib dilakukan masing-masing daerah

Sulawesi Selatan Penerima Terbanyak Penghargaan KLA 2019IDN Times/Istimewa

Setelah menerima penghargaan, adik kandung Menteri Pertanian Amran Sulaiman itu mengingatkan kepada seluruh kabupaten/kota agar mampu melindungi anak. Pasalnya, hal tu telah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

Sehingga pemerintah dan semua stakeholder wajib menjaga dan melindungi anak. “Kabupaten/kota harus bertanggung jawab kepada anak,” ucap Andi Sudirman.

2. Wagub Sulsel: pejabat yang tak melindungi, berarti tidak peduli dengan anak

Sulawesi Selatan Penerima Terbanyak Penghargaan KLA 2019IDN Times/Istimewa

Dia menegaskan, bila ada pejabat yang tidak melaksanakan amanat UU Perlindungan Anak itu berarti yang bersangkutan tidak peduli lagi terhadap anak.

Saat ini, imbuhnya, jumlah penduduk usia anak di Indonesia mencapai 87 juta atau sepertiga dari total penduduk Indonesia 267 juta jiwa. “Kalau ada yang tidak peduli dengan anak berarti pejabat itu tidak peduli dengan penduduknya,” tambahnya.

3. Sebanyak 247 kabupaten/kota se-Indonesia diberikan penghargaan KLA

Sulawesi Selatan Penerima Terbanyak Penghargaan KLA 2019IDN Times/Istimewa

Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Lenny N Rosalin, mengungkapkan di malam puncak ini sebanyak 247 kabupaten/kota yang diberikan penghargaan KLA tahun 2019. Dari total keseluruhan kabupaten/kota di Indonesia 514. Itu tidak terlepas dari provinsi yang menjadi salah satu pelopor layak anak.

“Dari tahun ke tahun KLA terus mengalami perubahan yang membaik,” tutur Lenny.

Diketahui tahun 2017, Sulsel meraih penghargaan KLA sebanyak 8 kabupaten/kota, lalu 2018 meningkat menjadi 12 dan tahun 2019 bertambah lagi 14 kabupaten/kota.

 

Baca Juga: Menapaki Jejak Sejarah Kereta Api di Sulawesi Selatan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya