Angka Kematian Ibu Hamil dan Melahirkan Masih Tinggi di Sulsel

Tahun 2018 mencapai 139 kasus

Makassar, IDN Times - Angka kematian ibu hamil dan melahirkan di Sulawesi Selatan masih tinggi. Hal itu disebabkan banyaknya penyakit komplikasi saat nifas, hamil, dan persalinan, sehingga diperlukan perhatian khusus.

“Angka kematian anak juga termasuk tinggi,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Bachtiar Baso, Jumat (19/7).

1. Perhatian khusus terhadap angka kematian ibu melahirkan

Angka Kematian Ibu Hamil dan Melahirkan Masih Tinggi di Sulselunsplash.com

Oleh karena itu, kata Bachtiar, masih tingginya angka kematian ibu melahirkan menjadi prioritas Dinkes Sulsel. Akan tetapi ia mengaku untuk mengatasinya juga diperlukan perhatian semua stakeholder bukan hanya tanggung jawab Dinkes saja.

“Jadi diperlukan koordinasi dan kerja sama lintas program dan sektor agar semua stakeholder terlibat,” tutur dia.

Baca Juga: Kemensos Serahkan Bantuan Rp1 Miliar untuk Sulsel

2. Angka kematian ibu hamil capai 139 kasus di tahun 2018

Angka Kematian Ibu Hamil dan Melahirkan Masih Tinggi di Sulseldrugcenter.com

Berdasarkan data dari Dinkes Sulsel, angka kematian ibu hamil dan melahirkan pada tahun 2017 mencapai 115 kasus. Angka itu meningkat pada tahun 2018 yang mencapai 139 kasus. Sementara data per Juni tahun 2019, sudah mencapai 75 kasus.

Karena itu, kata dia, dengan ditingkatkannya sumber daya manusia maka diharapkan bisa memberikan kontribusi terhadap pelayanan kesehatan.

3. Perlu pencegahan sejak dini

Angka Kematian Ibu Hamil dan Melahirkan Masih Tinggi di Sulselunsplash.com/Suhyeon Choi

Dia berujar pertemuan lintas sektor ini sangat penting agar bisa memberikan informasi soal peningkatan angka kematian ibu hamil dan melahirkan. Sehingga masyarakat dan pemerintah bisa melakukan tindakan pencegahan sejak dini.

Misalnya, tambah dia, Kementerian Agama memberikan materi soal pelayanan reproduksi bagi calon pengantin. Selanjtunya Dinas Sosial memberikan pemahaman tentang pelayanan keluarga pada siklus hidup.

Baca Juga: Sidak di Dinas Kehutanan Sulsel, Gubernur Nurdin: Saya Kecewa 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya