Gara-gara Meniru Acara TV, Bocah 8 Tahun Dipatuk Ular Kobra

Korban memandikan ular yang ia temukan

Makassar, IDN Times - Teror ular kobra yang sempat menghebohkan publik akhir-akhir ini, kian menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat. Pasalnya, seorang bocah berusia 8 tahun yang berinisial RAS digigit ular kobra di bagian jari telunjuk kanannya. 

Dilansir dari Popmama.com, RAS menuturkan bahwa ular tersebut ditemukannya di lapangan dekat sekolahnya di Sekolah Citra Negara saat pulang bermain bola bersama temannya. RAS awalnya hanya berniat untuk memandikan ular yang ditemukannya itu.

"Pas pulang main bola nemu ularnya kan dimasukan ke dalam botol terlebih dahulu terus dibawa pulang, dipindahkan ke dalam toples kecil. Habis itu mau dimandiin ditangkap pakai tangan, eh licin terus ularnya gigit," ujar RAS saat ditemui di rumahnya, Rabu (18/12/2019).

1. RAS terbiasa menonton program TV mengenai binatang reptil

Gara-gara Meniru Acara TV, Bocah 8 Tahun Dipatuk Ular Kobra(Petugas dinas pemadam kebakaran melakukan evakuasi seekor ular King Kobra (Ophiophagus Hannah) saat ditemukan di kawasan permukiman warga Jakasampurna, di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/12)) ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Aksi RAS ini rupanya dilakukan lantaran dirinya terbiasa menonton program TV dan akun Youtube seorang petualang yang menayangkan tentang binatang reptil. Itu pula yang membuatnya merasa bahwa memegang ular tersebut bukan tindakan berbahaya.

"Iya suka nonton Panji, senang saja," ujar RAS sebelumnya.

Akibat peristiwa ini, RAS pun akhirnya menjalani perawatan secara intensif di ruang Instalasi Care Unit (ICU) selama dua hari di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) dan diberikan serum anti ular usai digigit pada Minggu (15/12).

Menurut Humas RSUI Kinanti, RAS langsung dibawa ke ruang Pediatric Intermediate Care Unit (PIMCU) setelah masuk ruang ICU guna pemantauan lebih lanjut oleh dokter.

Meski kondisi RAS telah dinyatakan membaik dan diperbolehkan pulang, namun dia harus tetap melakukan kontrol dengan dokter RSUI secara berkala.

2. Pertolongan pertama yang harus dilakukan jika anak digigit ular berbisa

Gara-gara Meniru Acara TV, Bocah 8 Tahun Dipatuk Ular KobraEvakuasi induk ular kobra di bawah kasur warga Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, Senin (23/12) malam (Dok. Damkar Jakbar)

Berkaca dari kasus yang dialami RAS, maka orangtua sebaiknya terus melakukan pengawasan terhadap anak-anaknya di mana pun berada. Bukan itu saja, orangtua juga harus memberikan pengertian pada anak soal bahaya ular bagi keselamatan dirinya.

Namun jika anak terlanjur digigit ular berbisa, maka orangtua sebaiknya tidak panik. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan agar tidak membuat masalah semakin rumit.

  • Tetap tenang dan usahakan untuk mengingat tempat kejadian, jenis, warna, serta ukuran ular. 
  • Penderita diharapkan untuk beristirahat dan meminimalisir gerakan.
  • Letakkan tempat gigitan lebih rendah dari posisi tubuh lainnya. 
  • Bersihkan tempat gigitan, hindari membilas dengan air, kemudian tutup dengan kain kering yang bersih.
  • Jika ada cincin atau jam tangan dari anggota tubuh yang digigit, maka sebaiknya dilepaskan supaya tidak memperparah anggota tubuh yang membengkak. 
  • Longgarkan pakaian yang dipakai, namun tidak usah sampai melepasnya. Setelah itu, segeralah mencari pertolongan medis.

Baca Juga: Musim Hujan, Waspada Saatnya Kobra Menetas

3. Tindakan yang tidak boleh dilakukan saat anak digigit ular berbisa

Gara-gara Meniru Acara TV, Bocah 8 Tahun Dipatuk Ular KobraEvakuasi induk ular kobra di bawah kasur warga Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, Senin (23/12) malam (Dok. Damkar Jakbar)

Selain itu, ada juga beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat anak digigit ular berbisa. Hal ini dilakukan untuk mencegah keadaan semakin memburuk. 

  • Memanipulasi luka, baik dengan cara menyedot bisa ular dari tempat gigitan, atau menyayat kulit agar bisa keluar bersama darah.
  • Menggosok dengan zat kimia, atau mengompres dengan air panas atau es pada luka gigitan.
  • Mengikat atau memberi torniket terlalu keras pada luka gigitan. Beberapa sumber menyebutkan pemasangan torniket bisa diberikan di bawah 30 menit pertama apabila timbul gejala cepat dan tidak ada anti-bisa.
  • Minum minuman alkohol atau kopi.
  • Mencoba mengejar dan menangkap ular.

Baca Juga: Damkar Bantaeng Evakuasi Ular Kobra dari Salon Warga

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya