Comscore Tracker

Siaran TV Analog di Sulsel Mati Total Pertengahan Desember

Warga diingatkan siap-siap beralih ke siaran TV digital

Makassar, IDN Times - Siaran televisi analog di Sulawesi Selatan rencananya akan dimatikan pertengahan Desember 2022. Sebelumnya Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah menghentikan total siaran TV analog di wilayah Jabodetabek.

Siaran TV analog di Sulsel akan dimatikan belakangan. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sulsel, Amson Padolo, mengatakan Pemerintah Provinsi menyerahkan penghentian siaran analog itu kepada pemerintah pusat.  

"Kami masih menunggu keputusan pemerintah pusat karena kebijakan ASO itu merupakan kebijakan pemerintah pusat," katanya, Kamis (8/12/2022).

Baca Juga: Pro Kontra Warga Makassar soal Transisi TV Analog ke Digital

1. Belum semua STB disalurkan

Siaran TV Analog di Sulsel Mati Total Pertengahan DesemberSeorang warga mencoba melakukan pemasangan Set Top Box (STB) saat uji coba survei kesiapan masyarakat beralih ke siaran TV Digital. (Dok. Kominfo)

Rencana penonaktifan siaran televisi analog di Sulsel sebenarnya direncanakan pada 2 November 2022, sesuai dengan jadwal yang ditentukan pemerintah pusat. Namun, belum meratanya perangkat set top box (STB) membuat pelaksanaan program analog switch off ini menjadi tertunda.

"Karena untuk saat ini, kebijakannya ialah 60 persen pembagian STB baru bisa di-offkan," kata Amson.

2. Sebanyak 206.333 STB akan disalurkan

Siaran TV Analog di Sulsel Mati Total Pertengahan DesemberIlustrasi seorang pria membeli set top box di toko elektronik. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Dari 6,7 juta STB gratis secara nasional, hingga kini, distribusinya belum mencapai 60 persen termasuk di Sulsel. Di Sulsel sendiri, STB yang akan dibagi sekitar 206.333 unit yang akan dibagikan kepada keluarga miskin. Data penyaluran itu merujuk pada data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dari Dinas Sosial. 

"Masih di bawah 60 persen yang salurkan langsung Kominfo pusat melalui lembaga penyiaran," kata Amson.

3. Warga Makassar dan sekitarnya diminta siap beralih

Siaran TV Analog di Sulsel Mati Total Pertengahan DesemberIlustrasi menonton televisi/TV (IDN Times/Shemi)

Sementara itu, Kordinator Bidang PS2P Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Selatan, Riswansyah Muchsin mengingatkan warga di Makassar, Maros, Gowa, Pangkep dan Takalar untuk segera bersiap beralih ke digital.

"Setelah Jabodetabek, Jabar, Jawa Tengah, dan Kepulauan Riau. Kami meminta warga Makassar dan sekitarnya untuk segera bersiap beralih ke siaran digital," kata Muchsin dalam siaran pers.

Ia menuturkan, rencananya ASO di wilayah Sulsel akan dimulai pada pertengahan Desember 2022 ini. 
"Rencananya pemerintah akan mematikan siaran analog pertengahan Desember," katanya.

Baca Juga: Daftar Siaran TV Digital di Kota Makassar, Ini Cara Mengecek

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya