Rekrutmen PPPK, Pemkot Makassar Makassar Dijatah 749 Formasi

Formasi PPPK Pemkot Makassar didominasi guru

Makassar, IDN Times - Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memberi kuota pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) kepada Pemerintah Kota Makassar sebanyak 749 formasi. Secara rinci, 695 formasi guru dan 54 formasi tenaga teknis. 

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar, Andi Siswanta Attas mengatakan jumlah itu dikurangi dari usulan awal. Menurutnya, jumlah itu disesuaikan dengan kebutuhan pegawai di Pemkot Makassar.

"Kemenpan mengurangi formasi kuota PPPK untuk Pemkot Makassar sebanyak 11 orang, yang tadinya sebanyak 760 berkurang menjadi 749. Kuota formasi guru tetap, yang dikurangi 11 kuota formasi teknis," kata Siswanta, Senin (19/9/2022). 

Baca Juga: Usulan Diterima, Sulsel Dapat Kuota 10.587 Formasi Penerimaan PPPK

1. Belum ada juknis jadwal seleksi

Rekrutmen PPPK, Pemkot Makassar Makassar Dijatah 749 FormasiAntara Foto/Adeng Bustomi

Meski sudah ada jatah kuota formasi, namun Siswanta menyebut belum ada petunjuk teknis (juknis) terkait jadwal pelaksanaan seleksi. Namun berdasarkan penjelasan Kemenpan RB, seleksi diupayakan berlangsung pada bulan September ini.

"Belum ada juknis pelaksanaannya, tapi diusahakan September. Begitu penjelasan Kemenpan RB," katanya.

2. Pemkot tidak buka seleksi CPNS

Rekrutmen PPPK, Pemkot Makassar Makassar Dijatah 749 FormasiSuasan Tes CPNS berbasis CAT (pinteres)

Siswanta menjelaskan, tahun ini Pemerintah Kota Makassar membuka seleksi seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2022 hanya untuk formasi PPPK. Sedangkan untuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini ditiadakan.

"Kami hanya membuka seleksi untuk PPPK. Itu sudah berdasarkan aturan dari pusat," katanya.

3. Pemprov Sulsel dapat jatah 10.587 formasi

Rekrutmen PPPK, Pemkot Makassar Makassar Dijatah 749 FormasiIlustrasi seleksi PPPK (IDN Times/Musthofa Aldo)

Sementara itu, Pemprov Sulsel mendapat jatah sebanyak 10.587 formasi. Sebanyak 10.385 di antaranya adalah formasi guru, 29 jabatan fungsional kesehatan, dan 173 jabatan fungsional teknis.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Imran Jausi, mengaku belum mengetahui pasti kapan seleksi akan dibuka. Pihaknya masih menunggu informasi lebih lanjut dari pihak Kemenpan RB 

"Kalau tesnya masih menunggu (info), tapi saya perkirakan, insyaallah, biasanya satu bulan dari penetapan jumlah kuota. Berarti sekitar bulan Oktober terbuka," katanya.

Baca Juga: Warga Makassar Tewas Dikeroyok usai Dituduh Pencuri

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya