Presiden Jokowi Dijadwalkan Resmikan Proyek Kereta Api Sulsel

Presiden bakal jajal rute kereta ke wisata Rammang-rammang

Makassar, IDN Times - Presien Joko Widodo dijadwalkan berkunjung ke Sulawesi Selatan pekan ini. Salah satu agendanya meresmikan proyek kereta api Sulsel jalur Maros-Barru, pada Rabu, 29 Maret 2023.

Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyatakan bersyukur atas rencana kunjungan Presiden Jokowi itu.  "Kita intinya menyambut baik akan ada peresmian. Artinya, kalau sudah diresmikan, insyaallah jalan," ujarnya saat ditemui di rumah dinasnya di Makassar, Senin (27/3/2023).

Baca Juga: Kereta Api Sulsel Bakal Terhubung dengan Bus Trans Mamminasata

1. Kereta api Sulsel sudah diuji coba terbatas

Presiden Jokowi Dijadwalkan Resmikan Proyek Kereta Api SulselProyek rel kereta api Makassar-Parepare di Sulawesi Selatan. Dok. Humas Pemprov Sulsel

Jalur kereta api Sulsel telah diuji coba secara terbatas sejak awal Oktober 2022 lalu dan disebut terus mengalami peningkatan kecepatan yakni mencapai 110 km/jam. Jika proyek ini diresmikan Jokowi, maka Sudirman berharap Sulsel bisa lebih diperhatikan lagi.

"Alhamdulillah bagus. Momentumnya juga bagus supaya bisa dengan diresmikan nanti pasti tentu mendapatkan perhatian lebih supaya bisa beroperasi," jelasnya.

2. Presiden akan menjajal kereta api

Presiden Jokowi Dijadwalkan Resmikan Proyek Kereta Api SulselKereta Api Trans Sulsel saat tiba di stasiun Mangilu Pangkep. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Muhammad Arafah, menegaskan bahwa kereta api Makassar-Parepare merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN). Jalur Maros-Barru merupakan tahap pertama yang akan diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi. 

"Seluruh kesiapan baik itu lokomotifnya yang baru sudah ada. Sementara uji coba. Dengan gerbongnya itu sudah siap. Kemudian deponya sudah siap untuk diresmikan dan nanti," kata Arafah.

Dalam peresmian itu nanti, Presiden Jokowi rencananya akan menjajal kereta api dari Maros ke Rammang-rammang. Bahkan apabila memungkinkan, maka Presiden akan menjajal kereta api hingga ke Pangkep.  

"Tapi kan ini masih di fix-kan sama tim presiden sekarang. Kita menyesuaikan sekarang," ujarnya.

3. Ada tambahan lokomotif baru

Presiden Jokowi Dijadwalkan Resmikan Proyek Kereta Api SulselProyek kereta api Trans Sulawesi jalur Makassar-Parepare. (Dok. Balai Pengelola Kereta Api Sulawesi Selatan)

Meski sudah ada lokomitif baru, namun Arafah mengaku belum mengetahui apakah lokomotif baru itu yang akan digunakan saat peresmian. Untuk sementara, baru ada tiga lokomotif yaitu satu lokomotif utama dan tiga gerbong yang muat hingga 200 penumpang. 

"Lokomotif barunya sudah ada tapi untuk penggunaan pada saat peresmian, kita belum tahu. Mungkin masih yang lama," kata Arafah.  

Baca Juga: Melaju 110 Km/Jam, Kereta Api Sulsel Siap Dukung Pariwisata

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya