Pilkada Makassar, Syamsu Rizal-Fadli Ananda Kantongi Rekomendasi PDIP

PDIP juga resmi mengusung Adnan Purichta Ichsan di Gowa

Makassar, IDN Times - PDI Perjuangan mengumumkan secara resmi mengusung Syamsu Rizal-Fadli Ananda sebagai bakal pasangan calon (paslon) wali kota dan wakil wali kota Makassar pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

Pengumuman tersebut disampaikan oleh Ketua DPP PDIP Bidang Politik, Puan Maharani, secara virtual pada Jumat (17/7/2020) dalam agenda penyampaian tahap II 45 pasangan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang direkomendasikan oleh PDIP pada Pilkada Serentak Tahun 2020.

"Kota Makassar, Syamsu Rizal dengan Fadli Ananda," sebut Puan Maharani.

Selain Makassar, PDIP juga mengumumkan paslon usungannya di dua kabupaten lain di Sulawesi Selatan yaitu Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Malaganni di Pilkada Gowa serta Rahman Assagaf-Muammar Muhayang di Pilkada Pangkep.

1. Ical mengatakan akan bekerja maksimal

Pilkada Makassar, Syamsu Rizal-Fadli Ananda Kantongi Rekomendasi PDIPKonferensi pers di pressroom pasangan Dilan di Makassar, Senin (6/7). IDN Times/Istimewa

Syamsu Rizal atau yang akrab disapa Deng Ical menyambut baik amanah yang diberikan PDIP kepadanya dan Fadli Ananda. Dia berjanji akan bekerja sesuai dengan pesan dari Megawati Soekarnoputri yang tidak lain adalah Ketua Umum PDIP.

"Insya Allah amanah ini akan kami jaga dengan kinerja dan bekerja sesuai dengan pesan Ibu Mega sampai ke bawah dan memperhatikan catatan apa yang garis perjuangan PDIP. Insya Allah 2020 kita bekerja maksimal. Insya Allah kita menang," katanya.

Selanjutnya, Ical mengaku akan segera melakukan konsolidasi dengan semua jajaran pengurus PDIP mulai dari tingkat DPD hingga seluruh jaringan di bawahnya. Soal deklarasi, dia belum menentukan waktunya karena menunggu dari partai.

2. PDIP baru umumkan 5 nama Paslon di Sulsel

Pilkada Makassar, Syamsu Rizal-Fadli Ananda Kantongi Rekomendasi PDIPPDI Perjuangan umumkan 45 bakal calon kepala daerah di Pilkada Serentak 2020 (Dok. IDN Times/PDI Perjuangan)

Sementara itu, dari 12 daerah di Sulawesi Selatan yang menggelar pilkada, PDIP baru mengumumkan untuk 5 daerah. Selain dari 3 daerah tersebut, PDIP lebih dulu mengumumkan pasangan calon untuk Kabupaten Bulukumba dan Kepulauan Selayar. 

Ketua Bappilu PDIP Sulsel Husain Junaid mengatakan pengumuman pasangan calon di daerah lainnya masih akan dilakukan pada tahap ketiga. Dia mengatakan bahwa pengumuman ini dilakukan secara bertahap dan perlahan.

"Tadi itu penyerahan rekomendasi tahap II secara internal dari DPP. Semuanya ada 45 nama, termasuk di Sulsel itu ada 3 pasang. Yang lain menyusul di tahap ketiga. Ini bertahap. Kita akan turunkan secara perlahan-lahan nama-nama bakal calon yang akan diusung," katanya.

Baca Juga: Syamsu Rizal-Fadli Ananda Diundang DPP PDI Perjuangan

3. PDIP memberi ruang bagi kader untuk maju di Pilkada 2020

Pilkada Makassar, Syamsu Rizal-Fadli Ananda Kantongi Rekomendasi PDIPIlustrasi kader PDIP (Dok. Warga/Idral Mahdi)

Husain menyebutkan bahwa 3 pasangan tersebut semuanya merupakan keterwakilan PDIP di mana semua wakilnya adalah kader internal partai karena semua wakil adalah kader internal, yakni Abdul Rauf Malaganni, Fadli Ananda, dan Muammar Muhayang.

Untuk daerah lain, seperti Toraja Utara, Barru, Soppeng, Luwu Utara, dan Luwu Timur, akan menyusul.

"Di Barru, ada kader PDIP sudah diproses, tinggal menunggu waktu diumumkan. Sementara di Toraja Utara, karena ada 2 kader PDIP yang akan maju, maka semua diserahkan ke DPP dengan mempertimbangkan pasangan dari calon, kecukupan partai, dan partai koalisi," katanya.

Baca Juga: Syamsu Rizal-Fadli Ananda Diundang DPP PDI Perjuangan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya