Lomba Konten Video Edukasi di TikTok Berhadiah Rp400 Juta, Ikutan yuk!

#TikTokPintar ajak kreator produksi konten berkualitas

Makassar, IDN Times - Siapa yang tidak kenal TikTok ?. Platform distribusi video singkat ini begitu digandrungi banyak orang. Melalui TikTok, orang-orang bisa mengunggah kreativitasnya melalui video.

Nah, kali ini TikTok akan mengadakan kompetisi buat kamu para kreator yang senang bikin video di TikTok. Melanjutkan program edukasi #SamaSamaBelajar, TikTok akan mengadakan kompetisi #TikTokPintar selama bulan Oktober 2020.

Pada kompetisi berhadiah ratusan juta ini, kamu ditantang untuk menghasilkan konten edukasi yang berkualitas dalam berbagai tema seperti pengetahuan umum, bahasa asing, fakta seru, motivasi, bisnis, tips dan tutorial, DIY, life hacks, serta IPTEK.

1. Kreator didorong menghasilkan konten berkualitas

Lomba Konten Video Edukasi di TikTok Berhadiah Rp400 Juta, Ikutan yuk!Head of Users and Content Operations TikTok Indonesia, Angga Anugrah

Latar belakang mengapa TikTok membuat kompetisi ini yakni situasi pandemik COVID-19. Situasi ini telah memberikan dampak yang besar terutama kepada generasi muda. 

Dilansir dari laporan Deloitte Global Millennial Survey 2020, lebih dari 70 persen millenial dan Gen Z mengatakan bahwa pandemik telah menginspirasi mereka mengambil langkah positif dan memiliki tekad untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat. 

Hal ini tercermin dari pesatnya konten berbasis edukasi di TikTok yang mendapatkan tontonan lebih dari 20 miliiar views untuk tagar #SamaSamaBelajar.

Angga Anugrah selaku Head of Users and Content Operations mengatakan semakin banyak konten edukasi di TikTok maka akan semakin berpengaruh kepada keberagaman kreator serta konten yang ada di TikTok.

"Oleh karena itulah, kami berkomitmen untuk selalu mendukung perkembangan kualitas kreator, melalui tips dan juga kompetisi yang mendorong mereka untuk menghasilkan konten yang semakin bagus dan informatif," kata Angga Anugrah dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Rabu (14/10/2020).

2. Tips menghasilkan konten berkualitas

Lomba Konten Video Edukasi di TikTok Berhadiah Rp400 Juta, Ikutan yuk!Zoom meeting peluncuran kompetisi #TikTok Pintar, Rabu (14/10/2020). Dok.TikTok

Beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk menghasilkan konten yang lebih berkualitas di TikTok antara lain adalah membuat video yang menonjol dengan menggunakan tampilan vertikal, caption video yang menarik dan bisa menambah konteks video, memakai efek kreatif, efek suara, serta musik yang sedang trending. 

Selain itu, TikTok juga mendorong para kreator untuk bereksperimen dan mempelajari video seperti apa yang mendapatkan paling banyak engagement. Kamu juga bisa buat konten serupa lebih banyak lagi dan mengikuti tantangan atau tagar yang sedang ramai diikuti.

Salah satu kreator edukasi TikTok, Dr Yessica atau yang dikenal dengan Dr Zee, mengatakan informasi-informasi seputar kedokteran sangat mudah terjadi distorsi dan misinformasi apabila diberikan secara tidak tepat.

"Dengan menggunakan fitur lagu dan mengikuti berbagai challenge yang sedang trend di TikTok, saya bisa menyampaikan tips-tips seputar kesehatan kulit dan estetika dengan format yang mudah dipahami dengan tepat," kata dia.

Baca Juga: 5 Alasan Orang Gemar Main TikTok, Jangan Dikit-dikit Bilang Alay!

3. Ada banyak tema

Lomba Konten Video Edukasi di TikTok Berhadiah Rp400 Juta, Ikutan yuk!Ilustrasi TikTok (tangkapan layar Google Play)

Maka dari itu, kompetisi #TikTokPintar yang saat ini sedang berlangsung dapat menjadi ajang bagi kamu untuk menunjukkan kreativitas dan meningkatkan kualitas video.

Untuk mengikuti kompetisi ini, kamu dapat mengunggah konten berdurasi 15-160 detik dengan tema pengetahuan umum, bahasa asing, fakta seru, motivasi, bisnis, tips dan tutorial, DIY, life hacks dan IPTEK. 

Kamu juga disarankan menggunakan berbagai fitur kreatif dari TikTok dan menambahkan tagar #SamaSamaBelajar dan #TikTokPintar pada caption videonya. 

Kompetisi dimulai sejak tanggal 1 Oktober hingga 28 Oktober 2020 dengan hadiah total senilai Rp400 juta dan hadiah menarik lainnya untuk para pemenang kompetisi.

Untuk informasi selengkapnya bisa mengunjungi langsung akun resmi Tiktok Indonesia.

Baca Juga: Ketagihan Main TikTok, Intip 5 Video TikTok Lucu Inul Daratista

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya