Comscore Tracker

Kala Spiderman dan Thanos Turun Tangan Ajak Warga Makassar #DiRumahAja

Mereka merupakan anggota komunitas Om Robot Makassar

Makassar, IDN Times - Ada saja cara kreatif yang dilakukan untuk mengajak warga tetap di tinggal di rumah selama masa pandemi COVID-19. Di Makassar, Sulawesi Selatan, sekelompok anak muda yang tergabung dalam Komunitas Om Robot turut mengampanyekan gerakan #StayAtHome atau tetap tinggal di rumah.

Uniknya, mereka melakukan kampanye di salah satu ruas jalan utama Kota Makassar dengan mengenakan kostum superhero Marvel. Di antaranya adalah Thanos, Spiderman, Black Panther, Iron patriot, bahkan ada juga Tokusatsu Indonesia Satria Garuda Bima X. Komunitas Om Robot sendiri memang merupakan salah satu komunitas cosplay di Makassar.

Menurut Nawir Ramadhan selaku ketua dari komunitas Om Robot, kegiatan kampanye itu sebagai edukasi sekaligus mengingatkan kembali kepada masyarakat tentang dampak dan bahaya COVID-19 jika penyebarannya tidak segera dibasmi.

"Tujuan kami tidak lain untuk menumbuhkan kesadaran semua warga, agar ikut andil bersama-sama melawan dan memutus mata rantai penyebaran virus ini dengan cara di rumah saja, tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan yang memang mendesak untuk disegerakan, agar pandemi ini bisa segera berakhir," kata Nawir kepada IDN Times, Senin (20/4).

1. Membantu memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat

Kala Spiderman dan Thanos Turun Tangan Ajak Warga Makassar #DiRumahAjaTokoh superhero kampanye di jalanan Makassar meminta warga tetap di rumah untuk memutus mata rantai COVID-19 (dok. Komunitas Om Robot)

Angka kasus positif COVID-19 yang terus-menerus bertambah di wilayah Sulawesi Selatan, menjadi motivasi komunitas ini untuk turun ke jalan dan melakukan aksi tersebut. Mereka tidak ingin pandemik ini terus berkelanjutan.

Paling tidak, kata Nawir, mereka tidak tinggal diam melihat situasi yang dirasa sudah genting. Walaupun sebagian masyarakat menganggap apa yang dia dan teman-temannya lakukan ini adalah hal yang biasa saja, namun hal itu tidak menyurutkan niat mereka.

"Paling tidak dengan kontribusi kecil ini bisa sedikit membantu kerja pemerintah dan para tim medis dalam memberi informasi dan edukasi terkait masalah penanggulangan virus ini," kata Nawir.

2. Karakter superhero dianggap sudah familier bagi masyarakat

Kala Spiderman dan Thanos Turun Tangan Ajak Warga Makassar #DiRumahAjaTokoh superhero kampanye di jalanan Makassar meminta warga tetap di rumah untuk memutus mata rantai COVID-19 (dok. Komunitas Om Robot)

Dalam kampanyenya, komunitas Om Robot menyampaikan sejumlah pesan kepada masyarakat. Seperti mengajak masyarakat bersama-sama membantu pemerintah dengan mematuhi aturan dan membantu tenaga medis dengan tetap di rumah.

Kostum superhero pun dipilih bukan saja karena mereka merupakan komunitas cosplay, tetapi juga ada harapan yang tersimpan. Mereka berharap dengan menggunakan kostum superhero maka lebih mudah dikenali oleh masyarakat.

"Selain unik, karakter yang kami tampilkan juga sudah familiar di masyarakat. Terlepas dari itu semua, besar harapan kami semoga apa yang kami lakukan yang mana menjadi pesan pemerintah bisa sampai dan terus diingat oleh masyarakat yang melihat kami," kata Nawir lagi.

Baca Juga: PSBB Makassar: 60 Ribu Keluarga Dijanji Sembako, Dibagikan 21-22 April

3. Menerima respons beragam dari masyarakat

Kala Spiderman dan Thanos Turun Tangan Ajak Warga Makassar #DiRumahAjaKarakter Satria Garuda Bima X kampanye di jalanan Makassar minta warga tetap di rumah. (Dok. Komunitas Om Robot)

Menurut Nawir, aksi yang mereka lakukan ini mendapat beragam respons dari masyarakat. Ada yang mendukung ada pula yang mencibir. Nawir mengaku bahkan ada yang menyebut aksi mereka hanya pencitraan. Akan tetapi dukungan dari masyarakat lainnya juga diterima. Ada pula masyarakat yang merasa terhibur dengan aksi itu.

Meski demikian, dia mengatakan tidak menutup kemungkinan komunitas Om Robot akan kembali turun ke jalan-jalan. Apalagi PSBB juga sebentar lagi akan diberlakukan di Makassar. Mereka pun mendukung kebijakan tersebut.

"Kami mendukung penuh seluruhnya kebijakan pemerintah perihal PSBB ini, semua langkah yang diambil oleh pemerintah tidak lain dan tidak bukan demi kebaikan bersama yang tentu tujuan utamanya jelas ingin segera mengakhiri pandemi ini," kata Nawir.

Baca Juga: PSBB Makassar: Alfamart dan Indomaret Termasuk Objek Vital Pengamanan

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya