Jelang PSBB Makassar, Paket Sembako untuk Warga Mulai Didistribusikan

Sekitar 60 ribu paket sembako dibagikan bertahap

Makassar, IDN Times - Jelang pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB di Makassar pada 24 April mendatang, sejumlah paket bantuan sembako mulai didistribusikan untuk warga yang terdampak COVID-19. Lokasi pertama yang di kunjungi yakni di Kelurahan Ballaparang, Kecamatan Rappocini pada Selasa (21/4).

Pendistribusian yang dilakukan dari rumah ke rumah difokuskan kepada warga paling terdampak COVID-19, seperti pemulung, pengamen dan juga masyarakat yang dirumahkan oleh perusahaan tempatnya bekerja. 

"Saat ini bersama Dandim, beberapa paket sembako kami berikan ke masyarakat yang memang sangat membutuhkan. Selain itu pemberian masker bagi warga juga kami lakukan," kata Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb yang memimpin pendistribusian sembako

1. Pemkot siapkan 60.000 paket sembako

Jelang PSBB Makassar, Paket Sembako untuk Warga Mulai DidistribusikanPendistribusian paket bantuan untuk warga di Makassar, Selasa (21/4). Humas Pemkot Makassar

Pemkot Makassar melalui Dinas Sosial Kota menyiapkan sekitar 60.000 paket sembako yang rencananya dibagikan ke masing-masing kepala keluarga yang terdata dan masuk dalam golongan penerima bantuan.

Setiap paket berisi beras 10 kilogram, mie instan satu dos, gula pasir, minyak goreng, susu kaleng, sarden, sabun mandi, sabun cuci pakaian, pasta gigi, dan sabun cuci piring.

Penyaluran sembako dilakukan tim dengan mendistribusikan langsung ke lokasi domisili penerima. Warga yang menerima bantuan juga tidak diperkenankan mengambil langsung sembako agar tidak terjadi kerumunan.

2. Pemkot diminta tetap giat lakukan sosialisasi ke masyarakat

Jelang PSBB Makassar, Paket Sembako untuk Warga Mulai DidistribusikanPendistribusian paket bantuan untuk warga di Makassar, Selasa (21/4). Humas Pemkot Makassar

Sementara itu, Komandan Kodim 1408/BS Makassar Kol (Inf) Andriyanto yang turut mendampingi Iqbal Suhaeb menilai upaya Pemkot Makassar dalam penanganan pandemik COVID-19 ini sudah efektif namun imbauan ke masyarakat tetap harus selalu diberikan. 

"Pembagian sembako seperti ini tentu sangat membantu warga yang terdampak. Pemkot Makassar sigap dan segera bertindak, namun perlu lebih digiatkan lagi sosialisasi ke masyarakat untuk mengikuti protokol COVID-19 agar pelaksanaan PSBB yang akan diterapkan Makassar bisa berjalan efektif," katanya.

Baca Juga: PSBB Makassar: 60 Ribu Keluarga Dijanji Sembako, Dibagikan 21-22 April

3. Pendistribusian dilakukan secara bertahap

Jelang PSBB Makassar, Paket Sembako untuk Warga Mulai DidistribusikanPendistribusian paket bantuan untuk warga di Makassar, Selasa (21/4). Humas Pemkot Makassar

Pendistribusian bantuan tersebut merupakan upaya Pemkot Makassar untuk memaksimalkan penerapan PSBB yang dilaksanakan pada 24 April hingga 7 Mei mendatang. 

Kepala Dinas Sosial Kota Makassar Mukhtar Tahir mengatakan, penyaluran sembako ini akan dilakukan secara bertahap dan mengutamakan kepada warga yang paling terdampak.

“Kita mulai dulu ke saudara kita yang paling terdampak seperti yang berprofesi sebagai tukang becak, pemulung, yang mengalami PHK, yang kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-harinya dan sejenisnya,” kata Muktar.

Baca Juga: Ini Isi Paket Sembako yang Bakal Dibagikan ke 60 Ribu Warga Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya