Ini Ruas Jalan yang Ditutup saat MNEK 2023 di Makassar

Pengguna jalan diimbau tak melintas

Makassar, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar menyiapkan rekayasa lalu lintas pada saat pelaksanaan event internasional Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 yang akan digelar 5-8 Juni 2023 mendatang. Dishub telah berkoordinasi dan Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar, Aulia Arsyad, mengaku telah berkoordinasi dan bertemu langsung dengan Danpomal Lantamal IV Makassar sebagai pihak penyelenggara untuk mematangkan rekayasa lalu lintas tersebut.

"Kita juga sudah berkoordinasi dengan Kasatlantas Polrestabes Makassar. Koordinasi terus berjalan sampai kegiatan (MNEK) berakhir," kata Aulia yang dikutip dalam siaran pers, Jumat (2/6/2023).

1. Event MNEK menggunakan beberapa lokasi

Ini Ruas Jalan yang Ditutup saat MNEK 2023 di MakassarPemkot Makassar membersihkan pantau dan laut jelang agenda latihan non-militer TNI Angkatan Laut, MNEK 2023. (Dok Pemkot Makassar)

Peserta MNEK merupakan pasukan militer. MNEK rencananya dihadiri sebanyak 36 negara yang diwakili para jenderal masing-masing perwakilan negara. Mereka datang dengan menggunakan kapal perang. 

Pelaksanaan MNEK ini dipusatkan di beberapa titik lokasi. Di antaranya di dermaga Soekarno Hatta, pelataran Anjungan Pantai Losari, kawasan Center Point of Indonesia (CPI), Lapangan Karebosi dan beberapa lorong wisata di Makassar. Ini belum termasuk beberapa titik kunjungan peserta MNEK lainnya.

Untuk itu, sejumlah ruas jalan harus ditutup pada 5 dan 6 Juni 2023 sehingga tidak bisa dilintasi kendaraan umum. Warga sebaiknya menghindari ruas jalan yang ditutup pada tanggal tersebut.

Pada 5 Juni, ada agenda welcome dinner menyambut kedatangan para peserta MNEK. Agenda ini dipusatkan di pelataran Anjungan Pantai Losari yang dimulai sejak pukul 18.00 WITA. 

Kemudian pada 6 Juni, ada kegiatan city parade yakni para pasukan angkatan laut dari 36 negara berbaris berjalan kaki dimulai dari Lapangan Karebosi sampai ke Anjungan Pantai Losari. Mereka akan berparade dengan berseragam lengkap diiringi marching band dari taruna TNI Angkatan Laut.

Rute parade dimulai dari Jalan Ahmad Yani menuju ke Jalan Jenderal Sudirman lalu ke Jalan Haji Bau ke lokasi acara, Jalan Penghibur. Parade ini dimulai pukul 15.30 WITA.

2. Diperkirakan ada lebih dari 2.000 peserta

Ini Ruas Jalan yang Ditutup saat MNEK 2023 di MakassarRekayasa lalulintas agenda welcome dinner MNEK 2023 di Makassar. (Dok. Dinas Perhubungan Makassar)

Aulia pun menyampaikan permohonan maaf kepada pengguna jalan atas ketidaknyamanan penutupan sejumlah ruas jalan tersebut. Pada tanggal 6 Juni, akan diberlakukan sistem buka tutup jalan. 

"Ada kendaraan patwal yang mengawal parade pasukan dari belakang. Rombongan parade mulai jalan pada pukul 15.30 WITA," katanya.

Jumlah peserta diperkirakan sekitar 2.000 lebih dari 36 negara. Peserta akan dilepas dari Lapangan Karebosi menuju anjungan Pantai Losari. Setelah ekor rombongan lepas, maka jalan yang ditutup kembali dibuka. 

"Misalnya, sudah melewati jalan Sudirman-Kartini, jalan ini sudah bisa dilewati kendaraan umum. Selama rombongan parade belum melewati jalan itu, pastinya harus steril dari kendaraan umum lainnya," katanya.

Baca Juga: Geopark Maros-Pangkep Resmi Jadi Global Geopark ke-8 di Indonesia

3. Rute rekayasa lalu lintas selama MNEK di Makassar

Ini Ruas Jalan yang Ditutup saat MNEK 2023 di MakassarRekayasa lalulintas agenda city parade MNEK 2023 di Makassar. (Dok. Dinas Perhubungan Makassar)

Adapun rincian penutupan ruas jalan di dua agenda MNEK adalah sebagai berikut. 

*City Parade: tanggal 6 Juni 2023, pukul 15.30 WITA-selesai*

- Jalur lintasan

1. Titik awal di Lapangan Karebosi
2. Arah lintasan di Jalan Ahmad Yani-Jenderal Sudirman-Haji Bau-Penghibur
3. Finish di Anjungan Pantai Losari

-Penutupan jalan:

1. Dari arah Jalan Lamadukelleng, kendaraan tidak boleh melintas lurus mengarah ke Jalan Haji Bau. Jalan ditutup mulai di perempatan Jalan Ince Saleh Daeng Tompo

2. Dari arah Jalan Arief Rate, kendaraan tidak boleh belok melintas mengarah ke Jalan Yosep Latumahina

3. Dari arah Jalan Sombaopu, kendaraan tidak boleh melintas lurus mengarah ke Jalan Datu Museng. Harus belok ke Jalan Mochtar Luthfi

4. Dari arah Jalan Pasar Ikan, kendaraan tidak boleh melintas mengarah ke arah Jalan Datu Museng. Harus belok ke Jalan Ranggong

5. Dari arah Jalan Metro Tanjung Bunga, kendaraan tidak boleh melintas mengarah ke Jalan Penghibur. Harus memutar balik arah ke Jalan Metro Tanjung Bunga di u-turn triple C.

*Welcome Dinner: tanggal 5 Juni 2023, pukul 18.00 Wita-selesai*

- Penutupan Jalan

1. Dari arah Jalan Lamadukelleng, kendaraan tidak boleh melintas lurus mengarah ke Jalan Haji Bau. Jalan ditutup mulai di perempatan Jalan Ince Saleh Daeng Tompo

2. Dari arah Jalan Arief Rate, kendaraan tidak boleh belok melintas mengarah ke Jalan Yosep Latumahina

3. Dari arah Jalan Sombaopu, kendaraan tidak boleh melintas lurus mengarah ke Jalan Datu Museng. Harus belok ke Jalan Mochtar Luthfi

4. Dari arah Jalan Pasar Ikan, kendaraan tidak boleh melintas mengarah ke arah Jalan Datu Museng. Harus belok ke Jalan Ranggong

5. Dari arah Jalan Metro Tanjung Bunga, kendaraan tidak boleh melintas mengarah ke Jalan Penghibur. Harus belok kanan ke Jalan Ince Saleh Daeng Tompo

"Di setiap simpang jalan di area rekayasa lalu lintas akan dijaga personel dari Dishub Makassar bersama personel Satlantas Polrestabes Makassar mengatur alur lalu lintas," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Makassar, Syafran AP.

Baca Juga: 500 Penari Bakal Tampilkan Tari Kolosal dalam Pembukaan MNEK 2023

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya