Harga BBM Naik, Tarif Angkot Makassar Naik 10 Persen Mulai Hari Ini

Tarif angkot disesuaikan dengan harga BBM

Makassar, IDN Times - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang berlaku sejak Sabtu 3 September 2022, berimbas pada kenaikan tarif angkot di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kenaikan mencapai 10 persen dari tarif awal.

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Sulawesi Selatan (Sulsel), Zainal Abidin, mengatakan penyesuaian tarif angkutan kota di Kota Makassar disesuaikan dengan kenaikan harga BBM. Meski begitu, penyesuaian tarif ini tidak terlalu mengikuti kenaikan pada harga BBM.

"Kalau kita ikuti kenaikan presentasenya pemerintah itu kan jauh 30 persen, sementara kami hanya 10 persen karena beberapa pertimbangan," kata Zainal melalui sambungan telepon, Senin (5/9/2022).

1. Kenaikan tarif angkot beragam

Harga BBM Naik, Tarif Angkot Makassar Naik 10 Persen Mulai Hari Iniilustrasi harga BBM (IDN Times/Aditya Pratama)

Zainal menyebut kenaikan tarif angkot di Kota Makassar beragam. Untuk umum, tarif angkot yang semula Rp7.000 naik menjadi Rp10.000 di beberapa jalur.

Kemudian, ada dua jalur lain yang tarifnya berbeda yakni jalur Pasar Sentral lewat tol hingga Simpang Lima yang tarifnya naik dari Rp5.000 menjadi Rp9.000. Lalu, jalur Pasar Sentral melalui Jalan Perintis Kemerdekaan sampai Sudiang naik dari Rp8.000 jadi Rp.9.000.

"Untuk anak sekolah sendiri dari Rp3.000 menjadi Rp5.000," kata Zainal.

Baca Juga: Demo Mahasiswa di Makassar: BBM Naik, Semua Ikut Naik

2. Tarif baru berlaku mulai hari ini

Harga BBM Naik, Tarif Angkot Makassar Naik 10 Persen Mulai Hari Iniilustrasi harga BBM (IDN Times/Aditya Pratama)

Zainal mengatakan tarif baru untuk angkot di Kota Makassar berlaku sejak hari ini. Zainal berharap masyarakat tetap memanfaatkan angkot sebagai moda transportasi umum meskipun ada kenaikan tarif.

"Mulai hari ini berlaku, penyesuaian tarif ini berlaku mulai tadi pagi. Koordinator masing-masing jalur ini kita sudah melakukan sosialisasi, penempelan stiker yang dikeluarkan oleh Organda," kata Zainal.

Baca Juga: Harga BBM Naik, SPBU di Makassar Masih Jual Harga Lama

3. Organda sebut kenaikan harga BBM sangat signifikan

Harga BBM Naik, Tarif Angkot Makassar Naik 10 Persen Mulai Hari IniANTARA FOTO/Reno Esnir

Pemerintah resmi menaikkan harga BBM jenis Pertalite, solar, dan Pertamax. Harga Pertalite naik dari Rp 7.650 per liter jadi Rp 10.000 ribu per liter, solar subsidi dari Rp 5.150 per liter jadi Rp 6.800 per liter, dan Pertamax nonsubsidi dari Rp 12.500 per liter jadi Rp 14.500 per liter.

Maka dari itu, Organda mau tidak mau menyesuaikan tarif angkot, termasuk di Kota Makassar. Menurut Zainal, kenaikan tersebut sangat signifikan sehingga memang harus ada penyesuaian tarif.

"Kenaikannya sangat terasa sehingga ini memicu, masyarakat Indonesia termasuk di Makassar, ingin tahu semua. Karena pada prinsipnya naik BBM, pasti harus juga kita sesuaikan dengan tarifnya," kata Zainal.

Baca Juga: Hari Ini Mahasiswa Demo Kenaikan Harga BBM di Makassar, Ini Lokasinya

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya